Vagina tidak sensitif setelah melahirkan

AA Info Penanya: AA
Dokter saya ibu usia 35 tahun dengan 3 anak persalinan normal.Kenapa ya setelah saya melahirkan anak pertama organ kewanitaan saya kok kurang sensitif lg sampai sekarang? Dan bagaimana cara mengembalikan sensitifitas nya kembali ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam,A. 

 

Saya jelaskan ya, berdasarkan keluhan anda berikut perubahan vagina setelah melahirkan

- Vagina mengendur. Hal ini terjadi terutama pada ibu yang melahirkan secara normal. Tapi jangan khawatir karena vagina memiliki elastisitas otot yang baik sehingga walaupun mengalami bukaan sampai 10cm waktu melahirkan ia akan kembali mengecil. Untuk mengatasinya anda dapat melakukansenam kegel, apakah itu? senam kegel adalah gerakan pada vagina seperti menahan buang air kecil lalu melepaskannya lakukanlah selama 3- 5 menit setiap hari 

- Gairah seksual menurun. Pada kondisi ini dipicu oleh hormon libido dan estrogen yang menurun karena proses menyusui sehingga menyebabkan vagina lebih kering dan juga gairah seks menurun bisa karena anda kelelahan pasca mengurus anak hingga tidur larut malam. 

-Stress. Stress dan cemas memicu vagina menjadi kurang sensitif sehingga pelumas dari vagina akan berkurang

 

Untuk mengatasinya

- Komunikasikan dengan pasangan perihal kondisi anda

- Kelola stres anda

- Gunakan pelumas jika diperlukan

- Lakukan foreplay atau pemanasan lebih lama sebelum berhubungan intim

- Terapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi dan minum air putih 2L perhari

- Senam kegel. gerakan pada vagina seperti menahan buang air kecil lalu melepaskannya lakukanlah selama 3- 5 menit setiap hari

 

Semoga membantu Anda ya

Salam Sehat

dr. Karlina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika vagina anda tersasa perih saat bercinta, itu bisa menjadi salah satu gejala dispareunia

Vagina Perih Saat Bercinta? Waspadai Menderita Gejala Dispareunia!

Dispareunia adalah nyeri pada alat kelamin yang terus menerus dan atau berulang sesaat sebelum, saat, atau pun sesudah berhubungan seks. Gejala dispareunia yaitu nyeri pada saat penetrasi, vagina perih. Penyebabnya adalah tidak cukupnya pelumas, adanya riwayat luka atau iritasi.