Vagina terkena jamur

I Info Penanya: I, Wanita, 20 Tahun
Dokter,vagina terkena jamur itu karena apa ya dok??Dan cara mengatasinya gmna??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, I

 

Jamur yang timbul pada vagina sering disebut candidiasis vulvovaginitis, biasanya menimbulkan gejala sekret cairan flek berbau, rasa gatal, panas pada kemaluan dan nyeri pada vagina terutama saat berhubungan sexual.

Timbulnya jamur pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti pengguna kontrasepsi, sedang hamil, penyakit metabolik diabetes melitus, infeksi HIV atau pada penyakit infeksi kelamin dan menular sexual.

Disarankan bagi anda untuk menjaga kebersihan vagina dengan membersihkan sekret kemaluan dengan air bersih, hindari penggunaan sabun pembersih vagina karena dapat mengganggu flora normal disekitar kemaluan dan akan mempermudah pertumbuhan jamur. Jika terdapat kelainan metabolik seperti diabetes harus diobati. Selain itu, dapat juga diterapi dengan obat antijamur berdasarkan intruksi dokter.

Anda  juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) untuk memastikan infeksi jamur vagina anda segera sembuh.

 

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu pemicu kandidiasis vagina

Kandidiasis Vagina Penyebab Iritasi Vagina, Benarkah Demikian?

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Iritasi vagina merupakan gejala umum kandidiasis vagina. Langkah pencegahannya adalah bersihkan area genital luar secara teratur dengan air.