11 Feb 2021, 07:28Kulit & Kelamin

Apakah penyebab adanya benjolan pada vagina?

IC
Info Penanya: IC0
Pagi dok, saya habis hs bersama pasangan, setelah 3 hari saya lihat ada bentol di bibir vagina, kemudian meletus seperti sariawan, terus terdapat juga di luar anus, badan saya lemes, dan meriang, di kedua selangkangan ada benjolan kecil yg sakit, saya habis anal dg pasangan ,apa yg saya derita dok ? Apakah berbahaya ? Dan bagaimana solusinya
570 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ICTerima kasih atas pertanyaannya.Benjolan di vagina dapat terjadi karena beberapa hal dan umumnya tidak menimbulkan sakit kecuali sudah mengalami infeksi.

Penyebab benjolan di vagina :

  • Kista pada kelenjar di vulva dapat menimbulkan suatu benjolan. Awalnya kista hanya berisi cairan dan tidak sakit, lama kelamaan akan berisi nanah dan nyeri karena mengalami infeksi. 
  • Abses atau bisul akibat infeksi bakteri pada kulit atau folikel kulit.
  • Herpes kelamin dapat menyebabkan bentol dan luka pada kelamin yang disertai gejala seperti akan flu.
  • Kutil kelamin dapat juga menyebabkan suatu benjolan. Sama seperti herpes disebabkan oleh aktivitas seksual yang bebas.
  • Kanker vulva dapat menimbulkan luka dan benjolan disertai nyeri, gatal yang tidak sembuh.
Anal seks yang dilakukan tanpa pengaman sangat berisiko untuk terjadinya infeksi menular seksual seperti HIV, herpes, serta infeksi lainnya.  Selain itu, anal seks juga dapat terjadi robekan pada dinding anus yang berisiko menyebabkan tinja masuk ke dalam organ tubuh lain.  Untuk itu, ada baiknya periksakan kondisi anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dilakukan pemeriksaan lanjutan sehingga diketahui penyebab dan akan diatasi sesuai penyebab dari keluhan tersebut sebelum penyakit berlanjut menjadi lebih parah.Saat ini, hindari aktivitas seksual apapun untuk mencegah kondisi yang lebih fatal, hindari menggaruk atau memecahkan benjolan, serta jaga kebersihan kelamin.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seks beresikoinfeksi menular seksualherpes genitalkista bartholin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil