Vagina terasa panas setelah suami keluar sperma karena apa?

RR Info Penanya: RR, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya. Setiap saya berhubungan dgn suami, setelah dia keluar sperma, spermanya itu panas dok.. itu knapa ya dok? Apa dri permakanan suami saya yg mempengaruhi spermanya atau emg vagina saya yg bermasalah jdi selalu terasa panas diikuti rasa pedih jika terkena sperma? Foreplay juga udh cukup dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RR,

Sperma adalah sel yang terdapat pada pria dimana ketika terjadi ejakulasi akan dilepaskan dari pria bercampur dengan air mani. Saat melakukan hubungan seksual dan terjadi ejakulasi maka sel sperma dalam cairan semen akan dikeluarkan. Suhu dari cairan semen ini juga lebih hangat atau seperti suhu tubuh sehingga bisa dirasakan lebih panas dimana hal ini adalah hal yang normal.

Tapi jika merasa panas berlebihan, terasa gatal di kemaluan, kulit seperti terasa terbakar, kemerahan, timbul bentol ataupun sampai reaksi alergi berat seperti sesak maka bisa timbul karena adanya alergi terhadap cairan semen atau disebut dengan istilah Hypersensitivity to Human Semen

Bila timbul kondisi ini maka perlu diperiksakan ke dokter kandungan karena bisa mengganggu kesuburan dan perlu menggunakan kondom saat berhubungan seksual. Karena bisa berbahaya apabila terjadi reaksi alergi berat. Tapi jika tidak perlu khawatir karena bisa merupakan kondisi yang normal ataupun bisa juga disebabkan oleh kondisi lain seperti misalnya adanya luka atau iritasi saat berhubungan seksual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan kondom saat berhubungan seksual akan mencegah terjadinya infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit balanitis

Mencegah Balanitis, Hindari Infeksi Bakteri Pada Alat Vital Anda

Penis merupakan alat vital bagi seorang laki-laki. Kebersihan yang buruk dari penis dapat menyebabkan timbulnya infeksi bakteri yang disebut balanitis. Balanitis merupakan salah satu infeksi bakteri pada bagian kepala penis. Selain akibat infeksi bakteri, sebenarnya balanitis bisa disebabkan oleh infeksi jamur atau pun virus.