Vagina terasa nyeri setelah masturbasi apa penyebabnya?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 20 Tahun
Hallo dok, jadi akhir-akhir ini saya merasa nyeri pada vagina saya dok, (nyeri ini mulai saat setelah saya mas*urba*i) nyerinya itu bukan kayak panas terbakar gitu.. nyeri yg cuma kayak nyutt gitu aja dok.. itu kenapa ya dok, apakah itu berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Masturbasi adalah aktivitas seksual yang dilakukan dengan cara merangsang diri sendiri. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh orang yang belum memiliki pasangan, atau memang ingin mencari kesenangan sendiri tanpa melibatkan pasangan.

Perihal vagina yang terasa nyeri paska masturbasi maka bisa saja terjadi akibat ada bagian vagina yang lecet akibat gesekan-gesekan saat masturbasi, terlebih bila Anda masturbasi menggunakan jari dan kuku yang panjang.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan nyeri vagina tersebut adalah:

  • Kompres bagian yang nyeri menggunakan air hangat.
  • Minum paracetamol untuk mengurangi nyerinya.
  • Hindari celana yang ketat.
  • Banyak minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Boleh berendam dengan air rebusan daun sirih selama 15 menit, lakukan setiap pagi dan sore.
  • Jangan melakukan masturbasi dulu bila vagina masih terasa nyeri. Dan pastikan gunakan alat yang aman atau kuku jari pendek bila Anda sering melakukan masturbasi

Bila keluhan dirasakan semakin berat, atau muncul keputihan berbau amis, gatal, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin untuk memastikan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pielonefritis terjadi karena infeksi saluran kemih

Pielonefritis, Infeksi Ginjal yang Membuat Buang Air Kecil Terasa Menyiksa

Pielonefritis adalah infeksi ginjal yang harus diwaspadai. Bila infeksi ginjal ini dibiarkan tanpa pengobatan, dampaknya bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.