Vagina terasa longgar saat malam pertama.

FN Info Penanya: FN, Wanita, 2019 Tahun
Nama sy nia. Sy sdh menikah. Yg mau sy tanyakan. Knp pas malam pertama kami,penis suami gampang sekali masuk k vagina sy. Setelah melakukan, suami merasa vagina sy longgar dan tidak ad rasa seperti d sedot. Pdhal sy blm pernah berhub dg laki2 mana pun. Ap ad yg salah dg vagina sy? Solusi ny gmn y dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FNA

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Banyak mitos dan salah pengertian tentang vagina. Ada beberapa orang yang percaya vagina bisa hilang elastisitasnya dan menjadi longgar selamanya. Vagina itu elastis, karena dia dapat merenggang untuk mengakomodasi sesuatu yang masuk dan bayi yang keluar. Namun setelahnya dia akan kembali ke bentuk semula. Memang akan sedikit lebih longgar dengan bertambahnya usia atau jumlah melahirkan normal. Namun ototnya akan kembali mengencang seperti karet. Jadi seberapa banyak atau seberapa sering penis mempenetrasi vagina, tidak akan berpengaruh pada longgarnya vagina. Kecuali penisnya sebesar kepala bayi.

Vagina yang sempit juga akan memberi nyeri pada anda. Pada saat anda foreplay, vagina anda sudah bersiap untuk merenggang dan mengeluarkan cairan dengan tujuan agar tidak terjadi lecet sampai dengan luka pada dinding vagina anda.

Tips memperkuat otot vagina

Latihan pelvis untuk memperkuat otot pada dasar pelvis. Otot ini berfungsi dan mendukung kandung kemih, usus kecil, rektum (ujung usus-anus) dan rahim. Tanda melemahnya otot tersebut (akibat usia atau melahirkan) :

  • mengompol atau buang angin yang tidak disengaja
  • sering merasa ingin buang air kecil
  • nyeri daerah panggul
  • nyeri saat berhubungan seks

1. Kegel exercise

Kenali otot dasar/alas pelvis / panggul. Saat kencing, anda tahan dipertengahan. Setelah berhasil, rasakan dan kenali otot tersebut. Setelahnya

- anda ulangi pada posisi nyaman entah berbaring, duduk atau berdiri. Tahan selama 5-10 detik, istirahat selama 5 detik

- ulangi sebanyak 5 kali berturut-turut. Tidak boleh mengencangkan paha, perut atau bokong selama Kegel. Fokuskan pada pelvis.

- lakukan sebanyak 3 set, 5-10x per hari.

- anda akan merasakan hasilnya setelah beberapa minggu (mungkin yang dimaksud suami anda seperti disedot)

2. Pelvic tilt exercise

- berdiri dengan bersandar pada dinding dengan bahu dan bokong. Jaga lutut tetap lemas

- tarik perut daerah udel sampai dengan punggung seluruhnya menempel dinding

- kencangkan udel anda selama 4 detik kemudian dilepas

- ulangi sebanyak 10x, dan lakukan 5x setiap harinya

 

Sarankan juga latihan kegel ke suami anda, supaya hubungan seksual lebih lama dan memuaskan untuk anda juga bukan dia saja. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi bercinta saat hamil perlu memprioritaskan keamanan bagi ibu dan janin, serta kenyamanan bagi pasangan

6 Posisi Bercinta Saat Hamil, Patut Dicoba dan Dijamin Aman

Bercinta saat hamil dapat memberikan manfaat. Efek positif yang dirasakan calon ibu tentu berdampak positif juga terhadap janin. Posisi bercinta saat hamil yang aman yaitu posisi misionaris, posisi istri di atas dan lainnya.