Vagina sangat sakit disertai bau setelah berhubungan intim

DH Info Penanya: DH, Wanita
Siang dok, tanya: vagina saya sakit sekali dan klau di buat jalan atau duduk juga sakit. Habis main lama sama suami, juga bau dok. Sakit apa ya atau kenapa ya dok. Terimah kasih, mohon maaf dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, DH

Terimakasih atas pertanyaannya,

Rasa sakit pada vagina setelah berhubungan intim dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya cairan lubrikasi saat berhubungan, terjadinya iritasi ataupun luka akibat gesekan, terdapat luka sebelumnya akibat infeksi, ataupun adanya peradangan pada vagina (vaginitis).

Kondisi keluhan yang Anda alami dimana disertai dengan adanya aroma tidak sedap dapat disebabkan oleh infeksi. Namun, untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter.

Berikut beberapa tips yang penting untuk dilakukan setelah berhubungan intim :

  • Membersihkan area genital
  • Mencuci tangan
  • Buang air kecil
  • Berkumur dengan mouthwash
  • Mengganti seprai
  • Menghindari douching dan penggunaan produk yang berlebihan (seperti produk tisu, cairan, krim atau semprotan khusus vagina)
  • Mengenakan pakaian yang longgar untuk menghindari keadaan lembab yang menjadi tempat ideal perkembangan jamur atau bakteri

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Kenali Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri Ini

Vaginitis dapat terjadi pada setiap wanita dan membuat area kewanitaan Anda terasa tidak nyaman. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah vaginosis bakteri. Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas, yaitu keputihan yang tipis, berwarna abu-abu atau putih susu, bau menyengat yang tak sedap. Penggunaan sabun beraroma dapat meningkatkan risiko wanita terkena vanginosis bakteri hingga menyebabkan terjadinya vaginitis.