10 Dec 2020, 23:12Kulit & Kelamin

Vagina sakit ketika berhubungan

A
Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Halo dok ,saya habis lahiran sekitar 3 bulan yang lalu secara normal. Kenapa miss v saya sering ngilu dan perut juga sering sakit ya dok? Dan ketika saat berhubungan miss v sangat sakit ,perih ,seperti kebakar dan rasa tidak nyaman.. Ketika selesai berhubungan saat BAK terasa sakit ,perih dan juga terbakar...itu kenapa ya dok? Saya jadi trauma dan takut saat berhubungan badan karna sakit sekali dan terasa nyeri ,perih..
516 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo A, saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.Rasa sakit saat berhubungan intim dapat dirasakan seperti nyeri pada vagina, sensasi panas, perih, atau nyeri berdenyut dan dapat berlangsung hingga berjam-jam usai berhubungan intim. Kelainan ini dalam istilah medis disebut dispareunia.Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan dispareunia antara lain:
  • Iritasi karena kondom lateks, atau bahan kimia sabun
  • Infeksi kelamin seperti klamidia, gonore, dan herpes genital
  • Peradangan atau infeksi saluran kemih
  • Penyakit edometriosis, radang panggul, miom, dan kista ovarium.
  • Efek samping operasi panggul, episiotomi, histerektomi, radioterapi, dan kemoterapi.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa sakit saat berhubungan intim, jika sakit disebabkan oleh vagina kering, gunakan pelumas pada vagina sebelum melakukan penetrasi.Jika disebabkan oleh efek dari tindakan medis sebelumnya, kunjungi tempat Anda melakukan tindakan medis tersebut dan mintalah kontrol ulang.Apabila sakit saat berhubungan intim disebabkan oleh infeksi, lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk mengetahui penyebab infeksi. Dokter akan memberikan obat antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri atau antijamur untuk mengatasi infeksi jamur. Salam sehat,dr. Evelin Kwandang
kesehatan organ intimhubungan seksualorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil