19 Sep 2020, 05:04Kandungan

Apakah merupakan darah mens atau selaput dara?

A
Info Penanya: A0
Jadi gini dok. Saya dan istri saya sudah melakukan hubungan intim , tapi di saat pertama melakukan hubungan intim istri saya Tidak keluar darah dok , trus istri saya mens dok , setelah mens istri saya selesai saya berhubungan intim lagi setelah selesi berhubungan intim vagina istir saya keluar darah dok , darahnya banyak sampai netes² tapi tidak sakit katanya , apakan itu darah mens atau pecahnya selaput dara atau istri saya sudah melakukan hubungan intim sebelum saya saya , tolong penjelasannya
1166 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam A,Seringkali masih dipercaya sejumlah hal yang sebenarnya kurang tepat mengenai mitos hubungan keperawanan dengan selaput dara. Perlu diketahui bahwa tidak terjadi perdarahan ketika pertama kali melakukan hubungan seksual itu bukan berarti sudah lagi tidak perawan. Selaput dara sendiri memiliki beragam bentuk dan juga elastisitas yang berbeda-beda.Selaput dara juga bisa robek meskipun tidak melakukan hubungan seksual seperti misalnya karena sering mengendarai sepeda, senam, aktivitas fisik yang membutuhkan fleksibilitas tubuh, berkuda dan lainnya. Selain itu bisa juga selaput dara tidak robek karena elastisitas, ukuran dan bentuk selaput dara yang berbeda-beda begitu juga dengan ukuran kelamin pria. Untuk itu jangan berprasangka kurang baik seperti adanya hubungan intim sebelum Anda atau prasangka lainnya karena mitos selaput dara ini.Perdarahan pasca berhubungan seksual sendiri yang terjadi bisa karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah:
  • Vagina yang kering
  • Adanya iritasi atau peradangan vagina
  • Adanya polip di rahim atau dinding rahim
  • Luka pada vagina
  • Infeksi pada vagina
Untuk itu perlu diperhatikan, jika sering kali terjadi perdarahan saat berhubungan atau pasca berhubungan maka sebaiknya diperiksakan untuk dipastikan apa penyebabnya. Upayakan melakukan pemanasan atau foreplay lebih lama dan tidak terburu-buru melakukan penetrasi agar menghindari vagina yang kering dan menimbulkan perdarahan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksualkelamin perempuanorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil