Mengapa keluar darah seperti haid setiap habis berhubungan intim?

SF Info Penanya: SF, Wanita, 1 Tahun
Dok kenpa setiap saya sesudah berhubungan badan vagina saya sllu keluar darah seperti haid dok?? Pdahl saya gak pernah haid dok krna saya sllu suntik kb
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SF.

 

Perdarahan pada vagina setelah berhubungan seksual dapat terjadi kapan saja dan tidak mengenal usia baik muda ataupun tua. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang sudah mendekati menstruasi namun jika tidak kemungkinan ada penyebab lain. 

Berikut ini merupakan penyebab keluarnya darah dari vagina seusai hubungan seksual:

  1. Kondisi vagina yang kering.
  2. Polip rahim.
  3. Radang serviks.
  4. Fibroid rahim.
  5. Kanker serviks. Merupakan penyakit dimana sel kanker tumbuh di leher rahim akibat infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang biasanya terjadi akibat berhubungan seksual di usia yang sangat mda, atau sering berganti-ganti pasangan dan tidak menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.
  6. Mioma uteri.

Terkait dengan kondisi yang Anda alami jika perdarahan hanya sesekali saja mungkin dapat disebabkan karena iritasi pada vagina akibat penetrasi terlalu dalam namun jika sudah sering dan selalu berdarah ketika selesai berhubungan seksual sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan penyebabnya sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pastikan sudah melakukan foreplay cukup lama ketika berhubungan seksual untuk memastikan vagina sudah siap ketika suami akan melakukan penetrasi dan hindari penetrasi yang terlalu dalam. 

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum melakukan perawatan spa vagina, pastikan kebersihan dan kehigienisan tempat spa

Spa Vagina Ternyata Belum Tentu Aman untuk Anda

Jika vagina bisa menjaga kadar pH-nya sendiri, untuk apa repot-repot melakukan perawatan spa vagina yang belum tentu aman? Sama seperti facial, perawatan ratus vagina boleh saja dilakukan asalkan tetap memerhatikan keamanan prosedur.