Vagina putih-putih seperti jamur sejak 3 tahun yang lalu dan tidak terasa gatal.

F Info Penanya: F, Wanita, 33 Tahun
Dok vagina saya putih2 spt jamur apakah berbahaya apakah bs menjadi kanker lama2 dok?sdh sekitar 3 th an ini jamurnya makin meluas skrg dok apa yg seharusnya saya lakukan?TDK ada keluhan rasa apa2 cm keputihan dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, F

Terima kasih atas pertanyaannya.

Putih-putih di kulit vagina tapi tidak terasa gatal. Apakah anda ada keputihan juga? Keputihannya tidak gatal atau berbau tidak sedap? Karena gejala infeksi pada vagina biasanya disertai gatal atau keputihan yang tidak seperti biasanya.

Di sekitar vagina seperti kulit lain di tubuh anda memiliki kelenjar keringat. Kelenjar keringat bisa saja tersumbat karena produksinya terlalu banyak sehingga menimbul. Ini disebut miliaria atau yang ada kenal sebagai biang keringat. Selain itu bisa juga menimbul dan terisi cairan putih akibat infeksi bakteri seperti jerawat.

Untuk tatalaksananya anda harus menjaga kebersihan kulit vagina anda. Bila sudah terasa tidak nyaman anda bisa mengganti pakaian dalam anda bila keringatnya banyak. Jaga agar tetap kering. Bila keluhan tidak membaik sebaiknya evaluasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit untuk mengidentifikasi gangguan kulit anda dan diberikan terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Timbulnya masalah ginjal dan jantung ialah salah satu bahaya sedot lemak.

Bahaya Sedot Lemak Bagi Tubuh, Apa Saja Risikonya?

Operasi sedot lemak bukanlah metode untuk menurunkan berat badan. Sebelum Anda menjalaninya, ada baiknya memahami berbagai efek samping dan bahaya sedot lemak bagi tubuh.