05 Nov 2020, 20:35Kandungan

Benjolan pada vagina, apa penyebabnya?

VY
Info Penanya: VY, Wanita0
selamat malam, dok. umur saya 18th saya mengalami pembengkakan (seperti benjolan tapi tidak besar, sedikit perih juga) di sekitar vagina saya (tapi bukan di bibir vagina) di sela2 rambut gt. itu penyebabnya apa ya? dan sekarang juga saya sedang menstruasi tetapi tidak seperti biasanya, biasanya saya tiap mens normal2 saja. sekarang darahnya tidak keluar tapi disaat saya lagi cebok setelah pee ada darah menggumpal. & pembalut saya bersih. itu kenapa ya dok? terimakasih.
272 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, VTerima kasih atas pertanyaan AndaBenjolan adalah adanya ketidakrataan pada dinding suatu organ taau pada permukaan kulit tubuh. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti riwayat benturan atau cedera, proses peradangan akibat infeksi, atau karena adanya massa pada area sekitar. Benjolan pada vagina dan sekitarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi.

Adapun beberapa kondisi yang menyebabkan benjolan pada vagina dan sekitar adalah:

Beberapa kemungkinan penyebab adanya benjolan pada vagina dan sekitar telah disebut kan di atas. Perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk dapat mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang Anda rasakan. Terkait dengan keluhan menstruasi yang menggumpal bisa dipengaruhi oleh beberapa fakotr seperti hormonal, efek samping penggunaan KB, stres, kelelahan, atau karena adanya penyakit lain pada organ reprpduksi wanita. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat, dengan tujuan agar keluhan-keluhan yang Anda rasakan segera mendapatkan tatalaksana yang sesuai.

Tips yang bisa Anda lakukan agar kesehatan organ reprduksi wanita tertap terjaga: 

  • Jaga kebersihan area kewanitaan
  • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang
  • Gunakan celana dalam berbahan katun dan ganti celana dalam secara berkala
  • Konsumsi bah dan sayur 
  • Hindari melakukan seks bebas
  • Lakukan olahraga ringan secara rutin
Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
haidgangguan menstruasikesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil