Vagina luka anak umur 8 bulan?

L Info Penanya: L
Selamat malam dok. Anak saya umur 8 bulan tadi pas ganti salin karna ngompol baru ketahuan di vaginya kaya ada luka itu karna popok atau apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L, 

Berdasarkan keluhan yang anak Anda alami. Bisa dideskripsikan luka nya seperti apa? Apa luka lecet, ada bengkak atau kemerahan?

Vagina yang luka karena ada nya iritasi. Penyebab tersering disebabkan oleh jamur. Popok yang basah dan tidak diganti merupakan lahan subur untuk pertumbuhan jamur. Penyebab yang lain juga dapat disebabkan karena memakai popok yang terlalu ketat dan memakai bahan yang tidak meresap air. 

Disarankan untuk sering menganti popok bayi dan menjaga kebersihan vagina dan pastikan kering. Jika dirasa luka bertambah besar dan ada nanah, atau tidak mengalami perbaikan. Segera konsulkan kedokter anak untuk diberikan obat. Karena pengobatan diberikan berdasarkan penyebab. Jangan berikan obat pada bayi tanpa pengawasan dokter. 

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.