Apa yang menyebabkan vagina gatal?

AN Info Penanya: AN, Wanita
Dok saya wanita u 22th blm prnh hs. Sdh 3 hari ini vagina saya terasa sngg gatal, biasanya kalau saya sdh sering gnti cd n membasuh dgn air hangat sdh tdk gatal. Tapi sdh 3 hari ini gatal tidak hilang, di sekitar klitoris terdapat benjolan kecil yg sewarna dgn kulit sekiar klitoris, kemudian didlm vagina jg terdapat bbrapa bruntusan yg sewarna dgn kulit. Dihari ke1 warna keputihan saya putih susu,hri ke2 berwarna coklat,hri ke3 berwarna kuning keruh. Saya kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Vagina yang gatal adalah suatu permasalahan yang sering dihadapi oleh setiap wanita. Kondisi ini sering membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Biasanya rasa gatal ini akan hilang dengan sendirinya, tapi ada juga yang tidak hilang-hilang dan timbul gejala baru seperti keputihan, benjolan atau bruntusan, dan kemerahan di sekitar vagina. Untuk itu, perlu diketahui apa-apa saja penyebabnya. 

Penyebab vagina gatal yaitu:
  • Infeksi jamur: vagina yang gatal biasanya disebabkan karena infeksi jamur yaitu C. albicans. Biasanya akan muncul juga cairan yang kental berwarna putih kekuningan dari vagina. 
  • Infeksi bakteri vaginosis: vagina yang gatal juga bisa dsebabkan karena bakteri yaitu bakteri anaerobes yang berkmbang pesat di vagina sehingga muncul rasa gatal disertai sensasi terbakar dan cairan vagina yang berbau amis. 
  • Trikomoniasis: parasit Trichomonas vaginalis  bisa menyebabkan vagina gatal. 
  • Lichen sclerosus: penyakit ini menimbulkan bercak-bercak putih pada vagina.
  • Penyakit menular seksual: gonore, klamidia, kutil kelamin, herpes kelamin dapat menimbulkan gejala vagina gatal.
  • Menopause: akibat penurunan hormon estrogen di dalam tubuh membuat dinding vagina menjadi kering dan menipis sehingga dapat menimbulkan gatal.
  • Alergi.
  • Kanker vulva.

Untuk mengatasi gejala yang Anda alami, maka perlu diketahui secara pasti penyebabnya karena apa agar dapat diobati dengan tepat. Untuk itu, saya sarankan Anda memerksakan diri ke dokter kulit kelamin agar dapat diperiksa secara langsung. Selain itu, Anda harus menjaga kebersihan organ intim Anda. Usahakan agar jangan terlalu lembab.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh T
11 Jan 2020, 09:41
Itu perlu hubungan badan

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

pria memiliki berbagai jenis kontrasepsi yang bisa digunakan

Tak Hanya Wanita, KB Pria Juga Bisa Jadi Pilihan

KB pria atau kontrasepsi pria seakan berjalan di tempat, apa memang KB idealnya untuk wanita? Mengapa kontrasepsi pria kalah populer dibandingkan dengan KB pria?