Vagina gatal dan bengkak, apa penyebabnya?

BB Info Penanya: BB, Wanita
Dok saya mau tanya akhir-akhir ini vagina saya gatal dan membengkak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BB

Pembengkakan vulva (bagian luar dari vagina) adalah gejala yang sering timbul pada vaginitis atau peradangan dari vagina. Disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus atau ketidak seimbangan flora di vagina. Beberapa gangguan kulit atau kadar hormon estrogen yang rendah juga bisa mengakibatkan bengkaknya vulva. Karena keluhannya disertai gatal kemungkinan karena ada infeksi.

Gejala lain yang bisa timbul adalah keputihan yang tidak normal, gatal, iritasi, nyeri saat kencing, nyeri saat berhubungan serta perdarahan ringan atau flek. Temui dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat sesuai dengan kondisinya.

Selain itu berhati-hati menggunakan barang yang mengandung zat kimia seperti pakaian, krim, kondom, sabun wangi, detergent wangi, pembersih kewanitaan dan pelumas vagina. Karena bisa mengakibatkan peradangan pada vagina.

Saya lampirkan artikel mengenai vaginitis (radang vagina) untuk lebih jelasnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciuman menularkan HIV dapat terjadi jika kedua individu memiliki sariawan atau gusi berdarah serta salah satunya menderita HIV

Ciuman Menularkan HIV, Benarkah Penularan HIV Melalui Air Liur Dapat Terjadi?

Banyak orang beranggapan bahwa ciuman menularkan HIV. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Penularan virus melalui ciuman dengan penderita HIV dapat terjadi jika aktivitas tersebut menimbulkan luka.