Vagina bau tak sedap, apa obatnya?

BC Info Penanya: BC, Wanita, 1 Tahun
Malam bu dokter...saya mau tanya obat paling bagus buat vagina bau tak sedap apa ya....makasih bu dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BC,

Bau khas dari vagina yang tidak sedap adalah salah satu tanda adanya masalah pada vagina, penyebabnya sendiri bisa karena infeksi bakteri di vagina. Dimana bau tak sedap tersebut timbul dari bahan kimia bakteri.

Selain karena infeksi bakteri, kemungkinan lain bisa timbul karena adanya peradangan vagina ataupun infeksi karena penyebab lain seperti infeksi jamur ataupun infeksi menular seksual.

Gejala vaginosis bakteri

Selain bau vagina yang khas, bisa juga disertai timbulnya beberapa gejala seperti:

  • Keputihan berwarna kuning, abu-abu atau putih
  • Keputihan dapat lebih encer dan berbusa
  • Rasa gatal
  • Nyeri pada perut bawah 
  • Adanya iritasi pada vagina
  • Rasa perih saat buang air kecil

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan terjadinya infeksi vagina sendiri diantaranya seperti faktor kebersihan yang kurang terjaga, sudah aktif melakukan hubungan seksual, penggunaan alat kontrasepsi, penggunaan pembalut atau pantyliner yang terlalu lama ataupun yang mengandung pewangi, penggunaan produk pembersih vagina yang mengandung pewangi.

Untuk memastikannya sendiri ada baiknya melakukan pemeriksaan pada dokter. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan sampel cairan keputihan untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya.

Upayakan mengatasi bau vagina yang tidak sedap dengan menjaga kebersihan, rutin membasuh menggunakan sabun biasa dan air hangat tiap buang air dan keringkan sampai benar-benar bersih, hindari menggunakan pakaian yang ketat, ganti pakaian dan pakaian dalam lebih sering terutama jika berkeringat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selaput dara buatan dipercaya dapat mengembalikan selaput dara yang robek akibat aktivitas seperti berkuda

Selaput Dara Buatan, Keperawanan Palsu yang Bisa Bahayakan Vagina

Penggunaan selaput dara buatan bisa mengakibatkan infeksi vagina. Pasalnya, produk ini beredar tanpa izin BPOM sehingga tidak diketahui secara pasti material pembuatnya.