Usia saya 16 tahun, 1 bulan terakhir mestruasi belum selesai. Sudah di USG namun tidak terlihat apa-apa. Bagaimana selanjutnya?

AZ Info Penanya: AZ, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya, umur saya 16 tahun, saya pertama kali menstruasi pada umur 9 tahun setengah. Selama ini saya menstruasi lancar dan normal saja. Tetapi selama 1bulan terakhir ini saya menstruasi tidak selesai selesai sampai sekarang. Sudah di usg tetapi tidak ada terlihat apa apa dari rahim arah depan dan samping. Jadi saya harus gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AZ

Terima kasih atas pertanyaannya.

Menstruasi pada usia remaja memang sering belum stabil. Dari waktu mulainya atau durasinya. Pada kasus anda, kita menyebutnya abnormal/dysfunctional uterine bleeding. Pada saat USG dilakukan dengan Dokter Kandungan kan? Beliau sedang mengevaluasi anatami rahim anda. Biasanya dokter juga akan minta pemeriksaan laboratorium darah anda. Seperti hitung darah untuk melihat apakah anda anemia saat ini, fungsi pembekuan darah, fungsi hati, fungsi tiroid dan kadar hormon. 

Pengobatannya biasa menggunakan terapi hormon yang salah satunya dengan kontrasepsi oral. Kemungkinan dokter sudah meresepkan hal itu untuk anda. Tidak usah malu minum pil KB karena tujuannya kan berbeda. Setelah beberapa bulan menggunakannya kadar hormon akan lebih stabil dan menstruasi bisa teratur. Kapan saja anda bisa kontrol kembali dengan Dokter Kandungan untuk diskusi lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.