Usia Maksimal Bertambahnya Tinggi Badan

OO Info Penanya: OO, Pria, 2019 Tahun
Assalamu alaikum Dok,saya mau nanya. Umur 20 tahun masih bisa bertambah tinggi gk dok?? Saya sulit menambah tinggi badan. TeriMakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Selamat Siang, O

Terima kasih telah mempercayakan tim dokter SehatQ untuk menjawab pertanyaan seputar kesehatan anda.

Pertambahan tinggi badan seseorang akan berhenti saat lempeng pertumbuhan di ujung tulang kita yang dinamakan "Lempeng Epifisis" menutup. Menurut penelitian, lempeng epifisis tersebut akan menutup pada usia 18 s/d 20 tahun.

Tinggi badan juga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti : faktor genetik, lingkungan, hormonal, aktivitas fisik, jenis kelamin, dll. Sehingga sulit menentukan hingga usia berapa persisnya tubuh seorang individu berhenti bertambah tinggi.

Namun, setiap individu (pada masa pubertas) mempunyai kesempatan untuk memaksimalkan potensi tinggi mereka sebelum lempeng epifisis menutup dengan melakukan berbagai hal seperti :

  • Berolahraga secara teratur dengan jenis olahraga yang berpotensi menambah massa otot dan merangsang pertumbuhan tulang seperti basket, renang, pull up, dll.
  • Istirahat cukup 8-10 jam per hari karena hormon pertumbuhan paling aktif berproduksi saat kita tertidur lelap (antara pukul 00.00 - 02.00).
  • Makan makanan tinggi kalsium, tinggi protein, dan rendah lemak untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang seperti susu, daging ikan, dada ayam, sayuran hijau, aneka seafood, dll.
  • Hindari stress karena akan mempengaruhi pola tidur yang dapat berdampak pada hormon pertumbuhan.
  • Suplemen/susu penambah tinggi badan terbukti tidak banyak berpengaruh apabila dikonsumsi saat lempeng epifisis sudah menutup.

Terlepas dari hal-hal tersebut diatas, jika belum dapat mencapai tinggi badan ideal yang diharapkan, selalu yakinlah bahwa manusia diciptakan oleh Tuhan sudah dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Maka dari itu, kita patut mensyukuri dan menyayangi tubuh kita.

Terakhir, selalu berpikir positif dan optimis dalam menjalani aktivitas sehari-hari :)

Salam sehat,

 

dr. Putra Anugrah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan langsung tidur setelah makan akan membuat Anda mengalami GERD dan menambah berat badan

Masih Terbiasa Tidur Setelah Makan? Pencernaan Bisa Bermasalah

Banyak yang mengatakan bahwa berbaring setelah makan akan membuat tubuh gendut dan perut buncit. Faktanya, tidur setelah makan hanya akan menambah beban kerja pencernaan dan merusak kualitas tidur.