Usia kehamilan HPHT dan USG berbeda, mengapa demikian ?

WS Info Penanya: WS, Wanita, 21 Tahun
dok saya baru hamil pertama , di hitung dari hpht usia kandungan saya 10 minggu lebih 2 hari tapi saat di usg usia janin baru 5 minggu lebih 4 hari dan janin pun belum terlihat hanya kantung nya saja yang terlihat jelas dok . mengapa demikian mohon pernjelasan nyaa , terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WSH.

Penghitungan usia kandungan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling umum ialah melalui HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) serta pemeriksaan Ultrasonografi atau USG. Penghitungan usia kehamilan melalui HPHT hanya dapat dilakukan bagi Ibu hamil yang sebelumnya memiliki siklus haid yang teratur. Pasalnya kemungkinan kesalahan pada penghitungan tersebut sangat tinggi apabila siklus haid Ibu tidak teratur.

Sedangkan pemeriksaan USG yang berupa modalitas pemeriksaan penunjang yang menghitung usia kehamilan melalui pengukuran janin dapat menghasilkan penghitungan yang lebih akurat jika dilakukan oleh ahli. Pengukuran tersebut umumnya didasarkan kepada ukuran dan pertumbuhan tulang paha bayi yang diselaraskan dengan perkiraan usia janin. Namun demikian, penghitungan USG pun tidak dapat dipastikan 100% akurat karena mengandalkan keahlian dari operator yang menjalankan pemeriksaan. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki operator akan semakin mahir dalam melakukan pemeriksaan tersebut.

Sedangkan keadaan yang Anda alami dapat pula terjadi karena kesalahan penghitungan HPHT, sehingga umumnya dapat lebih cenderung mempercayai hasil pemeriksaan USG. Dan apabila memang benar usia kehamilannya masih berkisar 5 minggu maka adalah hal yang nomal jika yang terlihat masih hanya kantung kehamilannya saja. 

Berikut terlampir artikel mengenai perkembangan janin pada trimester pertama yang dapat dilihat melalui pemeriksaan USG.

Untuk selanjutnya periksakanlan kandungan Anda secara rutin sesuai dengan anjuran dari dokter Kandungan yang menangani Anda.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Puasa saat hamil muda, masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli kesehatan 

Hamil Muda Tapi Ingin Puasa? Ini Tips Aman Melakukannya

Puasa saat hamil muda, boleh atau tidak ya? Pertanyaan tersebut mungkin muncul di benak Anda ketika usia kehamilan trimester pertama dan ingin menjalani puasa Ramadan. Meski tidak diwajibkan berpuasa Ramadan, ibu hamil boleh saja menjalani puasa asalkan berkonsultasi dengan dokter kandungan dulu.