Apa penyebab kehamilan kosong?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 25 Tahun
Hall slmt malam dok sy mau tanya. Kemarin sy usg kehamilan di usia 9week usg transvaginal kantong kehamilan sudah ckup besar tp hasil tidak ada janin. Lalu dokter memvonis sy hamil BO dan hari itu jg langsung di suruh kuret. Tapi sy memilih opsi lain untuk usg ke tempat dokter lain, dan hasilnya sama tdk kelihatan janin. Dokter kali ini berbeda dia ngasih saran untk kmbli 1 minggu lagi berharap ada keajaiban, dg haid sy yg tdk teratur. Gmna menurut dokter sebaiknya sy nunggu smpe brpa week lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

 

Blighted ovum, kehamilan anembrionik atau hamil kosong adalah kehamilan yang terjadi tanpa tumbuhnya embrio atau bakal janin. Kondisi ini terjadi akibat adanya kualitas sperma dan sel telur yang buruk sehingga proses pembuahan tidak sempurna.

Pada kehamilan kosong proses pembuahan tetap terjadi namun bakal janin tidak berkembang. Hamil kosong merupakan salah satu penyebab terjadinya keguguran. Hamil kosong biasanya terdeteksi ketika usia kehamilan 8-13 minggu.

Gejala yang dialami pada wanita yang hamil kosong adalah sebagai berikut:

  1. Tidak haid.
  2. Test pack positif yang menandakan hormon hcG meningkat.
  3. Mual muntah.
  4. Payudara kencang.

Kemudian setelah beberapa saat akan mengalami gejala keguguran seperti:

  • Kram perut hebat.
  • Perdarahan dari vagina dalam jumlah banyak.

Terkait dengan kondisi yang Anda alami, Anda diminta menunggu 1 minggu lagi oleh dokter kandungan karena biasanya dokter masih mengharapkan bakal janin akan berkembang dengan baik. Sebaiknya jika dokter sudah memutuskan untuk menunggu 1 minggu Anda ikuti saja saran tersebut namun jika sampai muncul gejala keguguran seperti yang saya sebutkan seger ke unit gawat darurat ya. Jangan lupa untuk makan yang sehat dengan memperbanyak sayur buah, serta banyak minum air putih agar kondisi fisik Anda tidak melemah.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Keputihan saat hamil umumnya berwarna bening, encer, dan tidak berbau tajam. Jika keputihan berwarna kuning, berbau busuk, dan disertai gatal, kondisi ini bisa jadi tanda infeksi.