Usia kehamilan 4 minggu, apakah memang janinnya belum terlihat?

L Info Penanya: L, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau tanya, ini saya lagi hamil dok usia kehamilan 6 minggu, pertama USG itu prediksi dokter usia kandungan sudah 4 minggu,, waktu di cek uda ada kantong kehamilannya,, tapi belum klihaatan ada janinnya dok, nanti USG lagi tanggal 7 dok pas usia 8 minggu,, kalaw msih usia 4 minggu apa emang belum kelihatan dok janiny?? trimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, L

Terima kasih atas pertanyaannya.

USG itu prinsipnya dengan menggunakan gelombang sonar masuk ke dalam perut dan dipantulkan kembali ke alat USGnya sehingga timbul suatu gambar. Apakah dokter anda memakai USG yang masuk kedalam vagina? Tujuannya agar lebih dekat (dibandingkan dengan di perut) dengan janin agar bisa tampak lebih jelas. Usia kehamilan 4 minggu ukuran janin masih sangat kecil, yaitu bola-bola sel sedang membelah diri untuk membentuk embrio (calon anak anda) bersamaan dengan pembentukan plasenta. Tabung saraf bayi (calon otak, saraf tulang belakang dan tulang belakang) sudah mulai terbentuk. Sayangnya yang bisa terlihat jelas biasanya hanya kantung yang berisi cairan ketuban sebagai pelindung bayi anda. Kadang hanya bisa terlihat ada suatu gambaran di dalam kantung kehamilan yang menandakan bukan kehamilan kosong.

Sebentar lagi anda bisa melihat kedip-kedip di USG yaitu detak jantung anak anda. Usia 8 minggu baru bisa terlihat suatu bentuk seperti kacang. Tunggu saja dengan bertambahnya usia dan besarnya maka akan semakin terlihat. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DY
26 Nov 2019, 20:21
Dokter saya mau tanya,, kalau hitungan saya pribadi usia kandungan sudah 4-5 mingguan,, tapi di usg blom ada kantong kehamilannya dok, kata dokternya masih titik aja,, itu wajar apa engga ya dok? Trimakasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak wanita yang tidak menyadari tanda-tanda dari hamil kosong

Inilah Penyebab dan Tanda tanda Hamil Kosong yang Harus Anda Ketahui

Hamil anembrionik atau hamil kosong adalah salah satu penyebab keguguran yang paling banyak. Penyebabnya adalah kelainan pada sel telur yang dibuahi atau kualitas sel telur dan sperma buruk. Tanda-tanda hamil kosong yaitu mual, muntah, tidak menstruasi.