Usia kehamilan 33 minggu berat janin sudah 2,5 kg

YP Info Penanya: YP, Wanita, 2019 Tahun
halo dok..pada kehamilan usia 33 minggu bb janin sudah 2,5 kg.. apakah termasuk berlebihan? bagaimana cara mencegah janin tidak terlalu besar saat lahir. agar bisa proses normal.terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YP,

Pada usia kehamilan 33 minggu pertumbuhan janin bisa berat mencapai 2 kg dan panjang 43 cm. Tetapi tentunya bervariasi pada setiap kehamilan dan untuk bisa persalinan secara normal tidak hanya berat badan saja yang menjadi pertimbangan tetapi beberapa hal lain seperti letak janin, jalan lahir ibu, atau ada tidaknya gangguan kehamilan lain atau kegawatan janin menjelang masa persalinan.

Rata-rata bayi yang dilahirkan di usia kehamilan 37-42 minggu adalah 3-3,6 kg untuk bayi laki-laki dan 2,9-3,4 kg untuk bayi perempuan. Untuk itu perlu terus dipantau mengenai kehamilan dimana memasuki bulan kedepalan dapat dilakukan pemeriksaan setiap 2 minggu untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin dan mempersiapkan persalinan.

Bayi sendiri dikatakan berlebih beratnya saat lahir jika diatas 4,5 kg yang dapat ditimbulkan karena ibu mengalami diabetes atau kelebihan berat badan dimana dapat berisiko terjadinya persalinan macet. Konsultasikan hal ini pada dokter ahli kandungan Anda agar dapat dipersiapkan untuk persalinan. Upayakan untuk membatasi makanan manis atau mengandung gula tetapi jangan sampai malah diet karena merasa berat badan anak berlebih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus zika dapat berpindah tempat, dari aliran darah ibu, menuju plasenta

2 Rute Infeksi Virus Zika yang Bisa Bahayakan Janin Anda

Virus zika adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala yang lebih kecil dari rata-rata ukuran kepala bayi normal dan dapat menyebabkan cacat otak yang berat. Penyebab virus zika adalah gigitan nyamuk aedes dan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, tanpa menggunakan kondom.