Usia kehamilan 26 minggu tapi BPD 30 minggu.

K Info Penanya: K
Dok usia kehamilan saya 26 minggu tapi diukur dari BPD janin sudah 30 minggu. Apakah wajar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K

BPD atau biparietal diameter adalah ukuran antara tulang pelipis kiri dan kanan. Diukur dalam pemeriksaan standar USG untuk memeriksa perkembangan janin. Selain itu juga digunakan untuk memperkirakan berat janin selain lingkar perut dan panjang tulang paha. Pemeriksaan USG sangat subjektif dari pihak yang melakukan USG atau posisi kepala bayi pada saat pemeriksaan dilakukan.

Pemeriksaan BPD memberi gambaran bagaimana perkembangan otak bayi. Pemeriksaan BPD pada usia kehamilan 12-26 minggu cukup akurat untuk mengetahui usia kandungan. Tapi setelah 26 minggu (trimester ketiga), hasil pemeriksaan bisa meleset sampai dengan 3 minggu.

Jadi perkiraan usia kandungan dari BPD harus digunakan bersama pemeriksaan yang lain. Terutama setelah usia kehamilan 26 minggu. Bila lebih dari normal biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan gula darah ibu untuk mencari apakah ada diabetes akibat kehamilan. Bila ibu khawatir bisa kontrol kembali dengan dokternya atau melakukan pemeriksaan USG yang lebih canggih seperti USG 4D untuk melihat wajah bayinya apakah masih dalam bentuk normal atau tidak.

Baca juga artikel kesehatan kami mengenai perkembangan janin berikut ini:

Tahap-tahap Perkembangan Janin Trimester Ketiga

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan tidak hanya terletak di telapak tangan tapi juga terdapat di bagian pergelangan tangan dan tangan bagian atas

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.