Usia kehamilan 26 minggu tapi BPD 30 minggu.

K Info Penanya: K
Dok usia kehamilan saya 26 minggu tapi diukur dari BPD janin sudah 30 minggu. Apakah wajar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K

BPD atau biparietal diameter adalah ukuran antara tulang pelipis kiri dan kanan. Diukur dalam pemeriksaan standar USG untuk memeriksa perkembangan janin. Selain itu juga digunakan untuk memperkirakan berat janin selain lingkar perut dan panjang tulang paha. Pemeriksaan USG sangat subjektif dari pihak yang melakukan USG atau posisi kepala bayi pada saat pemeriksaan dilakukan.

Pemeriksaan BPD memberi gambaran bagaimana perkembangan otak bayi. Pemeriksaan BPD pada usia kehamilan 12-26 minggu cukup akurat untuk mengetahui usia kandungan. Tapi setelah 26 minggu (trimester ketiga), hasil pemeriksaan bisa meleset sampai dengan 3 minggu.

Jadi perkiraan usia kandungan dari BPD harus digunakan bersama pemeriksaan yang lain. Terutama setelah usia kehamilan 26 minggu. Bila lebih dari normal biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan gula darah ibu untuk mencari apakah ada diabetes akibat kehamilan. Bila ibu khawatir bisa kontrol kembali dengan dokternya atau melakukan pemeriksaan USG yang lebih canggih seperti USG 4D untuk melihat wajah bayinya apakah masih dalam bentuk normal atau tidak.

Baca juga artikel kesehatan kami mengenai perkembangan janin berikut ini:

Tahap-tahap Perkembangan Janin Trimester Ketiga

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi