24 Jan 2021, 08:15Kandungan

Bagaimana cara mengetahui usia kandungan?

UN
Info Penanya: UN0
Dok saya mau tanya.. Saya hari pertama terakhir haid tgl 17 juni. Lalu saya berhubungan 1x pada tanggal 5 juli.. Sesudah itu saya telat haid dan positif hamil.. usia kandungan saya itu dihitung dari hari pertama terakhir haid atau dari tgl 5 juli ya ? Soalnya berhubungan cuma 1x.. Makasih dok..
268 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, UTerima kasih atas pertanyaan AndaMasa kehamilan terjadi selama kurang lelbih 40 minggu. Saat hamil, tidak sedikit pasangan suami istri yang ingin mengetahui usia kehamilan untuk memantau pertumbuhan janin di dalam perut ibu hamil.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung usia kehamilan:

  • Perhitungan menggunakan HPHT (hari pertama haid terakhir)
    Metode ini merupakan metode perhitungan manual yang dihitung sejak hari pertama manstruasi terkahir ibu hamil sbeelum hamil. Perhitungan ini tepat bila siklus haid ibu berkisar 28 hari. Selain mengetahui usia kehamilan HPHT juga bisa digunakan untuk engetahui HPL (hari perkiraan lahir).
  • Menggunakan alat scanning, yaitu USG kandungan
    Dengan menggunakan alat scanning, usia kehamilan dihitung berdasarkan ukuran janin. Selain bisa mengetahui usia kehamilan, dengan alat USG kandungan bisa diketahui perkembangan dan pertumbuhan janin, mendeteksi jenis kelamin janin, mendeteksi cacat janin lebih dini dan lain sebagainya.
Terkait dengan pertanyaan Anda, walaupun Anda melakukan hubungan seksual pada tanggal 5 Juli 2020, perhitungan usia kehamilan tetap dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir Anda yaitu  17 Juni 2020. Sehingga pada hari ini 24 Januari 2021 usia kehamilan ANda kurang lebih berkisar 31 minggu. Untuk memastikannya Anda bisa melakukan pemeriksaan USG kandungan agar diketahui usia kehamilan berdasarkan pertumbuhan janin. Untuk itu, lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
melahirkanmenjaga kehamilankesehatan kandunganhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil