Usia kandungan 40 minggu, sudah melewati Hari Perkiraan Lahir dan belum ada kontraksi.

OL Info Penanya: OL, Wanita
Selamat pagi dok, Saya mau tanya, saya sedang hamil. Dan usia kandungan saya sudah 40minggu., hpl tanggal 10 bulan 10. Tapi sampai hari ini 12oktober saya belum juga merasakan kontraksi. Apakah ini masih normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, OL

Kemungkinan yang paling umum adalah memperkirakan HPHT dan HPL yang tidak tepat. Karena perhitungan tersebut adalah perkiraan dan bukan tanggal pasti. Yang penting ibu konsultasi dengan Dokter Kandungan Anda, untuk melakukan pemeriksaan USG. Pastikan kondisi janin, jumlah air ketuban, detak jantung janin dan lainnya. Apakah memerlukan tindakan induksi atau operasi, ikuti saran dari dokter Obgyn Anda.

Tanda dari bayi siap lahir adalah adanya kontraksi atau pecah ketuban. Pada kehamilan pertama ada kemungkinan terjadinya lebih lama dari seharusnya. Biasanya setelah usia kehamilan 41 minggu dokter akan mulai menawarkan untuk dilakukan induksi, jadi Anda harus rutin memeriksa kondisi janin Anda minimal setiap 2-3 hari. Informasi tambahan tentang induksi bisa dibaca di tautan ini.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu mitos kehamilan yang tidak dapat dipercaya adalah makan nanas dapat mengakibatkan keguguran

Bumil Jangan Percaya dengan 5 Mitos Kehamilan yang Tidak Terbukti Ini

Ada banyak mitos kehamilan yang tidak seharusnya dipercaya dan justru bagus jika dilakukan dengan benar, seperti mengonsumsi nanas secukupnya dan melakukan hubungan seksual saat hamil.