Usia kandungan 15 minggu

RR Info Penanya: RR, Wanita, 20 Tahun
Bagaimana usia kandungan 15 minggu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RR,

Perkembangan janin memasuki trimester kedua merupakan sudah semakin jelas dimana pada usia kehamilan 15 minggu sudah mulai tampak menunjukan pergerakan, mulai bisa mendengar rangsang suara baik dari usus ataupun jantung ibu. Besar janin juga sudah mulai mencapai ukuran 10 cm dengan berat sekitar 70 gram. Pada akhir trimester awal dan memasuki awal trimester kedua ini kulit janin sudah mulai tampak berkembang, pertumbuhan pada bentuk kepala juga sudah mulai makan jelas. 

Untuk itu ibu hamil harus tetap menjaga kesehatan dan asupan nutrisi agar pertumbuhan dan perkembangan janin tetap berjalan dengan baik. Hindari juga pantangan makanan yang dilarang untuk ibu hamil seperti makanan yang tidak diolah sampai matang, jeroan hewan, telur mentah, makanan atau minuman yang mengandung alkohol dan pantangan lain. Lakukan juga kontrol rutin pada dokter spesialis kandungan atau pada bidan di fasilitas kesehatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekurangan elektrolit saat hamil muda dapat menyebabkan mual dan muntah

Hamil Muda? Awasi 7 Masalah Trimester Pertama Kehamilan Ini!

Saat hamil muda, berbagai permasalahan yang dapat muncul adalah perdarahan dan gatal di vagina, mual dan muntah, demam tinggi, sakit saat kencing, hingga sakit kepala.