Baik mana HPHT atau USG untuk menghitung usia kehamilan?

AK Info Penanya: AK, Wanita, 23 Tahun
Selamat malam, saya mau tanya. Apakah mungkin usia janin lebih tua 5 minggu dari usia kandungan? Misalkan, jika dihitung berdasarkan HPHT usia kehamilan adalah 17 minggu, tetapi berdasarkan foto usg diketahui usia janin 22 minggu. Mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam,AK.

 

Menghitung usia kehamilan dirasa sangat penting untuk menentukan perkiraan hari kelahiran bayi, namun sayangnya belum ada metode yang lebih rinci untuk memprediksi hari perkiraan lahir. 

Berikut ini metode yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan:

  • Menggunakan HPHT yaitu hari pertama haid terakhir sebelum dinyatakan hamil. Metode ini digunakan apabila siklus menstruasi teratur yaitu 28 hari, jika tidak teratur akan sulit menghitung dengan metode ini.
  • Menggunakan USG (ultrasonografi) merupakan alat yang paling sering digunakan untuk mendeteksi janin saat masa kehamilan diantaranya melihat posisi letak janin, memastikan jenis kelamin, mengukur panjang dan berat janin.

Terkait dengan pertanyaan Anda mengapa berbeda antara usia kehamilan berdasarkan hitungan hari pertama haid terakhir dengan hasil USG memang banyak terjadi dikarenakan menghitung menggunakan HPHT kurang akurat. Hal ini disebabkan banyak sekali wanita yang tidak mengingat kapan waktu ovulasi dan konsepsinya. Oleh sebab itu perhitungan usia kehamilan dinilai lebih akurat jika menggunakan USG.

Tips untuk menjaga kehamilan:

  • Tetap makan sehat perbanyak buah dan sayur
  • Selalu minum air putih minimal 2 liter/hari
  • Konsumsi vitamin kehamilan
  • Lakukan senam kehamilan untuk membantu Anda melatih napas sebagai persiapan persalinan.
  • Lakukan USG secara berkala dengan dokter spesialis kandungan untuk memantau kondisi kesehatan bayi di kandungan Anda

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ

Salam Sehat,

 

dr. Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebutuhan nutrisi ibu hamil harus diperhatikan demi sang buah hati

Bumil Tak Perlu Risau, Ini Daftar Makanan Pengganti Susu untuk Ibu Hamil

Salah satu fakta melegakan untuk mereka yang tak suka susu: ibu hamil tidak wajib konsumsi susu hamil. Banyak alternatif pengganti susu untuk ibu hamil yang berasal dari makanan.