usia 7 bulan kandungan keatas sebaiknya mengkonsumsi folamil genio atau folamil genio yg gold ya?

SW Info Penanya: SW, Wanita, 24 Tahun
selamat malam dok , saya sekar usia 24 tahun.sekarang saya sedang hamil sudah masuk usia 7 bulan, biasanya saya dikasih bidah tablet tambah darah, dan kepengen konsumsi folamil genio, karna kata temen kandungannya bagus. yg ingin saya tanyakan, untuk usia 7 bulan keatas sebaiknya mengkonsumsi folamil genio atau folamil genio yg gold yaa? dan boleh tidak klo misal minum barengan dengan obat yg dari bidan? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, SW.

Terima kasih sudah bertanya di SehatQ,

Pada usia kandungan 7 bulan, dipersilakan anda konsumsi suplemen penambah darah karena kemungkinan yang dikasih bidan anda itu hanya sebuah vitamin. Baik bu, jika anda bingung yang mana yang bagus atau terbaik dari dua obat folamin, jawabannya semuanya bagus dan pilih salah satu saja, karena kedua obat tersebut merupakan suplemen yang berfungsi untuk tumbuh kembang otak dan tulang janin. Isi dari folamil genio atau folamil gold sama-sama mempunyai kandungan asam folat dan DHA. Yang menjadi perbedaan yaitu kandungan folamil Gold yaitu 200 mg lebih tinggi dibandingkan folamil genio yaitu 40 mg.

Apakah suplemen folamil boleh diberikan bersamaan dengan suplemen penambah darah? jawabannya boleh diberikan bersamaan dengan suplemen penambah dara. tetapi jika ada suplemen mengandung asam folat yang diberikan oleh bidan anda, sebaiknya anda pilih salah satu suplemennya.

Sebaiknya anda rutin konsumsi suplemen yang mengandung asam folat dan DHA sampai mau melahirkan, karena selama 9 bulan di kandungan janin masih memerlukan suplemen asam folat dan DHA.

Semoga bermangaat,

Salam Sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Air es dapat membuat ibu tetap terhidrasi sehingga tidak kekurangan cairan

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Ini Penjelasan Medisnya

Mitos yang beredar bahwa ibu hamil tidak boleh minum es, karena dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang besar. Penjelasan medis menyatakan bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi es agar tidak kekurangan cairan yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin.