Usia 50 tahun, ketika ejakulasi produksi sperma berkurang, apa ya penyebabnya?

R Info Penanya: R, Pria, 53 Tahun
Di usia 50th. .kenapa ya ketika ejakulasi produksi sperma yg keluar berkurang bahkan nyaris sedikit sekali, sementara nafsu Mash ttp seperti biasa tidak mengalami perubahan. Apa ya dokter penyebabnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bila ejakulasi tidak sebanyak dan sekuat dulu memang dikarenakan bertambahnya usia. Proses ejakulasi ada dua tahap yaitu berkumpulnya cairan sperma di pangkal dari penis kemudian dikeluarkannya air mani oleh otot-otot di sekitar uretra. Bila jumlahnya berkurang maka problemnya di tahap pertama. Jumlah yang berkurang berefek jika anda berencana memiliki anak. Masalah lain akibat bertambahnya usia adalah tidak bisa ereksi atau tidak bisa orgasme.

Anda bisa konsultasi dengan Dokter Spesialis Andrologi untuk mendapatkan terapi. Karena pengobatan kondisi ini memerlukan pengawasan dari dokter. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Belum ada obat ejakulasi dini yang bisa langsung mengobati ejakulasi dini, tetapi terdapat beberapa obat yang bisa membantu mengurangi ejakulasi dini dan dampak ejakulasi dini terhadap kehidupan penderita

Sulit Menahan Ejakulasi? Ketahui Daftar Obat Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini merupakan masalah pada pria yang cukup umum terjadi. Namun, Anda tidak perlu malu karena terdapat beberapa obat ejakulasi dini yang bisa digunakan seperti analgesik, krim atau semprotan anestetik, dan sebagainya.