Apakah normal usia 50 haid bercak? Apakah sudah masuk menopause?

SW Info Penanya: SW
Halo doc usia saya 50 tahun sudah 2 bulan ini haid sy hanya bercak saja apakah itu normal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda diSehatQ.

Masa menopause merupakan masa di mana siklus mentruasi seorang perempuan sudah berhenti total dan selamanya. Seorang perempuan dikatakan telah menopause bila sama sekali tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan.

Rata-rata wanita memasuki masa menopause pada usia 51 tahun. Namun ada juga yang terjadi pada 45-50 tahun. Masa sebelum menopause biasanya wanita akan mengalami masa perimenopause.

Masa perimenopause bisa berlangsung sampai 10 tahun. Selama masa inilah kadar hormon mulai berubah-ubah, yang tentu saja akan berdampak pada siklus ovulasi serta menstruasi.

Berikut adalah ciri-ciri wanita masuk dalam masa perimenopause :

  • Muncul spotting (keluarnya sedikit darah disaat tidak menstruasi)
  • Perdarahan yang banyak atau menorrhagia
  • Durasi dan siklus haid yang memendek
  • Siklus menstruasi yang makin panjang

Artinya, perubahan siklus menstruasi yang terjadi sebenarnya adalah hal yang wajar pada usia Anda. Namun, jika hal ini terus terjadi dan terlihat tidak wajar, segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Apalagi jika siklus haid yang tidak teratur disertai dengan perubahan durasi, hingga konsistensi perdarahan yang tak stabil. Bisa jadi ada masalah kesehatan yang lain.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mayoritas wanita baru mengetahui mengidap fibroid rahim alias mioma secara tidak sengaja namun mioma dapat disembuhkan dengan obat maupun operasi

Mengidap Fibroid Rahim? Tenang, Begini Cara Menyembuhkan Fibroid Rahim!

Fibroid rahim alias mioma bisa disembuhkan dengan obat maupun operasi. Tumor jinak ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa gejala fibroid rahim, antara lain nyeri haid yang parah dan sakit perut.