Usia 46 tahun haid tidak normal, apa penyebabnya?

O Info Penanya: O, Wanita, 23 Tahun
Saya may tanya dok, Umur ibu saya 46 tahun, haid saya tidak normal dok, sudah beberapa bulan haya haid lebih dari 2 minggu dan bulan ini saya haid sudah hampir satu bulan dan tidak ada tanda tanda akan berhenti haid karena darah yang dikeluarkan sangat banyak dok. Kira kira itu penyebabnya apa ya dok? Dan bagaimana cara menyembuhkannya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam O.

Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

Usia 40 tahun ke atas adalah usia rawan bagi wanita untuk mengalami menopause. Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila tidak mengalami menstruasi lagi, minimal 12 bulan.

Sebelum mengalami menopause wanita cenderung akan mengalami fase yang disebut perimenopause dimana terjadi pada 4 hingga 6 tahun sebelum menopause terjadi. Pada perimenopause, akan terjadi perdarahan rahim yang ireguler. Namun perdarahan yang ireguler pada perimenopause dapat dibilang normal ataupun tidak normal. 

Selama perimenopause, siklus menstruasi dapat menjadi lebih pendek, lebih lama, dan banyaknya darah yang keluar dapat bervariasi dari bulan ke bulan. Beberapa bahkan tidak menstruasi, dan kemudian melanjutkan menstruasi secara teratur. Penyebab utamanya adalah kadar hormon yang tidak menentu dan penurunan frekuensi ovulasi.  

Meskipun ketidakteraturan menstruasi adalah normal selama perimenopause, beberapa perdarahan yang tidak biasa dapat menjadi tanda masalah yang membutuhkan perhatian medis seperti : 

  • pendarahan yang sangat berat, terutama dengan gumpalan (misalnya, harus mengganti pembalut setiap jam selama lebih dari satu hari)
  •  perdarahan setelah hubungan seksual
  •  bercak atau perdarahan di antara periode menstruasi
  •  beberapa siklus menstruasi yang lebih pendek dari 21 hari
  •  beberapa periode yang berlangsung tiga hari lebih lama dari biasanya.
  • lebih dari tiga bulan tanpa periode menstruasi

Apabila terjadi kondisi diatas, maka bisa jadi perdarahan yang dialami merupakan salah satu gejala dari perdarahan rahim abnormal.

Perdarahan rahim abnormal adalah perdarahan rahim yang terjadi pada absen nya kehamilan, tidak dideritanya penyakit medis tertentu, atau gangguan pada organ di panggul.

Perdarahan rahim abnormal diklasifikasikan lagi berdasarkan penyebab yang mendasari nya yaitu kelainan struktural dan non-struktural. Kelainan struktural dapat berupa polip, penebalan rahim, mioma, keganasan, atau adenomiosis. Kelainan nonstruktural dapat berupa gangguan pada pembekuan darah, gangguan pada hormonal, penggunaan obat obat Kontrasepsi, dan lain lain. 

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung sesuai keluhan Anda. Dokter mungkin membutuhkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, USG, dan lain lain. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi antara lain 

  • Jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi dan protein seperti daging merah, hati, dan bayam.
  • Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol
  • Olahraga teratur
  • Istirahat cukup
  • Hindari stress

Jika Anda mengalami kondisi seperti

  • Sangat lemas dan terasa pusing
  • Sering pingsan
  • Keluar darah sangat banyak

Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr.Sandy Aditya Pradana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.