Usia 42 tahun dengan keluhan sering pusing setiap mau tidur dan bangun tidur seperti melayang. Apa penyebabnya?

PL Info Penanya: PL, Pria, 42 Tahun
Minta pencerahan dok....Sy berusia 42th. 1minggu ini kok sering pusing setiap mau tidur dan bangun tidur serasa melayang. Apa krn capek dan stress ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, PL

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan anda memang bisa terkait ke stres dan keletihan. Efek dari keduanya akan mempengaruhi tubuh anda dari segi pembuluh darah dan keluarnya hormon-hormon stres. Tekanan darah bisa meningkat, detak jantung lebih cepat atau alirannya darahnya bisa berubah. Bila anda curiga faktor stres anda perlu mencari aktivitas untuk mengurangi stres seperti relaksasi atau berlibur.

Namun jangan lupa dari segi klinis, pusing anda bisa karena ada gangguan aliran darah akibat hipertensi, kolesterol maupun diabetes. Faktor resiko lain seperti merokok, minuman beralkohol, makanan berlemak serta kurang olahraga juga perlu diatasi. Karena gejala anda bisa saja merupakan tanda peringatan tubuh terhadap suatu gangguan pada diri anda. Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Otot mati rasa di satu sisi tubuh dapat menjadi salah satu gejala stroke ringan

Kenali Gejala Stroke Ringan dan Waspadai Potensinya Menjadi Stroke

Stroke ringan adalah kondisi ketika aliran darah ke otak, sumsum tulang belakang, atau retina mengalami interupsi sesaat. Stoke ringan biasanya terjadi dengan cepat. Ketika sedang beraktivitas tiba-tiba otot mati rasa.