Usia 38 tahun, menstruasi tidak langsung keluar lancar, kenapa penyebabnya?

S Info Penanya: S, Wanita, 38 Tahun
Sore DokterSaya mau tanyaUmur saya 38 tahun 3 1/2 bulanKenapa beberapa x saya memgalami menstruasi hari pertama datang flex ,setalah 3 sampe 4 hari an baru lancar darah keluar, dan saya hobi makan batu es dok,terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S 

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah menstruasi anda lancar setiap bulannya dengan siklus kurang lebih 28 hari? Banyak sedikitnya jumlah darah haid dipengaruhi banyak faktor yang umum mempengaruhi siklus haid seperti keletihan, stres, kurang tidur dan pola hidup yang kurang sehat. Sedangkan ada beberapa kondisi klinis yang juga mempengaruhi jumlah haid anda, seperti penggunaan kontrasepsi atau penyakit di organ kandungan lainnya misalnya endometriosis.

Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG dan melihat organ kandungan anda. Anda juga memerlukan pemeriksaan darah untuk hormon yang mempengaruhi siklus haid seperti hormon tiroid. Berikut anda dapat membaca artikel mengenai bentuk menstruasi yang tidak lancar yang bisa terjadi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.