Usia 3.5 tahun terlambat bicara. Apakah karena usia 1 bulan pernah terbentur kepala bagian depan?

MN Info Penanya: MN, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin tanya, anak saya umur 1 bulan dulu pernah kejedot bagian kepala yang depan sampe kliatan lenyok, apa pengaruh ya sama keterlambatan bicaranya sekarang anaka sy umur 3,5 tahun, ? terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MN

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pada usia 3 tahun biasanya seorang anak sudah bisa bercerita dengan membentuk kalimat dari 3-4 huruf. Dia juga sudah menghafal banyak sekali kata, mengetahui nama belakangnya, nama jalan rumahnya dan sudah bisa bernyanyi. Beberapa penyebabnya seperti kelainan perkembangan bicara dan bahasanya karena otak bekerja tidak seperti biasa sehingga anak kesulitan menghasilkan suara bicara dan berkomunikasi atau memahami perkataan orang lain. Apakah anak Anda ada riwayat kejang sebelumnya?

Kemudian pendengarannya juga perlu diperiksa apakah ada gangguan pendengaran. Bayi dengan riwayat lahir prematur dan gangguan saraf seperti cerebral palsy dan cedera otak karena trauma. Bisa mengakibatkan gangguan bicara. Gangguan seperti autisme juga bisa menyebabkan kelainan bicara.

Untuk memastikan apa masalah yang menimpa anak Anda, sebaiknya dibawa konsultasi dengan Dokter Spesialis Anak agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut. Dan kemungkinan akan dirujuk untuk perawatan dengan terapis untuk melatih bicara. Berikut artikel mengenai terapi wicara untuk referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lansia kerap mengalami gangguan pendengaran berupa telinga berdenging atau tinnitus

Penyebab Telinga Berdenging Kerap Ganggu Kesehatan Lansia

Gangguan pendengaran yang umum mengganggu kesehatan lansia adalah telinga berdenging, atau yang dalam istilah kedokteran disebut dengan tinnitus. Cara mengatasi telinga berdengung biasanya dokter melakukan tahap awal dengan melakukan pemeriksaan pembuluh darah dan membersihkan telinga.