Usia 25 tahun, menstruasi tidak teratur sejak usia 17 tahun. Sekarang sudah sebulan dan kecoklatan.

NQ Info Penanya: NQ, Wanita, 25 Tahun
Saya berusia 25 tahun, dan siklus datang bulan saya tidak teratur, kdang 2 bulan sekali kdang 3 bulan sekali dan trakhir 6 bulan tidak datang bulan, siklus datang bulan saya tidak teratur mulai sya umur 17 tahun, trakhir periksa kta dokternya tidak ada mslh namun sya di beri obat, tetapi hnya berjalan setahun setelah itu siklus dtng bulannya kembali tidak teratur, malah sekarang seperti kecoklatan gtu udah sebulan, apa kah itu bermasalah, dan sya blum menikah .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NQN

Kapan terakhir Anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungannya? Menstruasi yang tidak teratur bisa diakibatkan banyak faktor. Selain faktor di organ kandungan seperti gangguan ovarium polikistik (PCOS), endometriosis, mioma uteri atau gangguan di saluran tuba falopii. Kemudian bisa juga masalah pada hormon, seperti gangguan keseimbangan estrogen dan progesteron, gangguan tiroid atau kelebihan hormon testosteron.

Faktor lainnya seperti stres, cemas atau depresi. Gangguan berat badan, terlalu kurus atau obesitas serta penyakit seperti diabetes semua bisa mempengaruhi siklus haid. Tapi mengingat kasus Anda sudah berlangsung cukup lama, Anda perlu memeriksakan diri ke Dokter Kandungan dan melakukan pemeriksaan laboratorium dan USG dengan lengkap. Karena gangguan haid biasanya terkait dengan gangguan kesuburan. Lebih baik diatasi dengan tuntas dari sekarang. Saya lampirkan artikel mengenai gangguan haid terus menerus dan penyebab menstruasi tidak teratur.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.