Usia 24 tahun tapi berat badan turun terus hingga 34 kg.

NM Info Penanya: NM, Wanita
Assalamualaikum dok, saya perempuan usia 24 tahun saya sering bermasalah dengan berat badan yg tidak mau sampai 40 kg, berat badan terus tun menerus sampai saat ini hanya 34 kg, selain itu saya juga selalu mengalami darah rendah 80 ,bagaimna mengatasinya dok. Bgaimna agar nafsu makan bertambah.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NM,

Untuk pengukuran berat badan yang ideal perlu dibandingkan antara tinggi badan dan berat badan. Namun ada beberapa penyebab yang menyebabkan berat badan seseorang turun terus menerus antara lain :

  1. Hipertiroid. Kadar hormon tiroid yang berlebih akan menyebabkan muncul gejala berat badan menurun, tangan mudah gemetaran dan berkeringat, bisa muncul benjolan di leher bagian depan dan mata agak menonjol keluar.
  2. TBC. Adanya bakteri Mycobacterium tuberculosis akan menyebabkan muncul gejala batuk yang sering kambuh, penurunan berat badan, sering demam tanpa penyebab yang jelas, keringat di malam hari, hilang napsu makan.
  3. Kanker. Adanya kanker di tubuh akan menyebabkan penurunan berat badan yang drastis, disertai gejal-gejala lainnya tergantung dari kanker apa yang sedang diderita.
  4. Diabetes. Kadar gula yang berlebih akan menyebabkan gejala sering lapar, sering haus, penurunan berat badan, gatal-gatal.
  5. Asupan kalori yang kurang.
  6. Stres berlebih.

Sedangkan untuk keadaan hipotensi (tekanan darah rendah) bisa disebabkan oleh : dehidrasi, anemia, diabetes, kelainan di kelenjar tiroid, kekurangan vitamin B12 dan asam folat.

Karena berat badan Anda turun terus menerus hingga 34 kg, terutama bila disertai keluhan seperti batuk lama, dada berdebar, tangan gemetaran maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencari penyebab pasti turunnya berat badan Anda. Namun selain itu perlu dirubah pola hidup Anda dengan cara :

  1. Perbanyak asupan sayur, buah, dan protein seperti daging, telur, susu dan produk turunannya.
  2. Makan dengan porsi lebih banyak dan lebih sering.
  3. Olahraga angkat beban.
  4. Kurangi stres.
  5. Cukup istirahat.
  6. Minum air putih minimal 2 liter per hari.
  7. Minum suplemen penambah napsu makan yang mengandung curcuma.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)