Usia 24 tahun saat berhubungan badan keluar cairan putih susu dengan bau khas, saat mens perut kram dan tidak teratur. Apakah berbahaya?

K Info Penanya: K, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya..saya umur 24 saya sudah menikah ,,dok ketika saya berhubungan badan dengan suami saya kenapa keluar cairan putih susu dengan bau yg khas ? Itu terjadi setiap saya berhubungan badan dok....dan ketika menstruasi saya merasakan kram perut terus menerus selama mens ..dan mens saya berlangsung selama 5 atau 7 hari... dan tanggalnya tidak teratur...apakah itu berbahaya dok? Terimakasih ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, K

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan anda mengalami peradangan pada vagina yang disebabkan infeksi bakteri. Faktor penyebab lain termasuk iritasi pada saat berhubungan badan. Sehingga paling sering terjadi pada wanita yang aktif secara seksual. Kondisinya disebut vaginosis bakteri yaitu suatu kondisi ketika terjadi perubahan jumlah bakteri normal pada vagina yang disertai peningkatan bakteri jahat. Keseimbangan flora normal di vagina menjadi terganggu sehingga keluar keputihan berwarna abu-abu atau putih susu yang berbau tak sedap. Kondisi ini bisa meningkatkan resiko anda terkena penyakit menular seksual lainnya seperti klamidia, gonore dan herpes.

Faktor resiko lainnya seperti penggunaan cairan antiseptik dan sabun yang mengandung parfum. Sering menggunakan cairan pembersih kewanitaan, aktif secara seksual, merokok dan kurang menjaga kebersihan organ kewanitaan.

Untuk mengobatinya anda perlu diberikan resep antibiotik dari Dokter untuk mencegah komplikasi terkena infeksi lain. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area kewanitaan anda. Sedangkan kram saat menstruasi merupakan sesuatu yang umum terjadi. Berikut saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi gangguan haid. Semoga penjelasannya bermanfaat. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan ternyata berguna untuk membersihkan sistem reproduksi wanita dari sel-sel mati dan bakteri

Keputihan Saat Hamil: Normal atau Tidak?

Keputihan normal terjadi pada masa kehamilan, namun Anda perlu tahu bahwa hal tersebut tidaklah selalu normal. Keputihan normal disebut sebagai leukorea, yang memiliki ciri tipis, bening, serta berbau ringan. Keputihan yang tidak normal, dapat disebabkan oleh infeksi jamur pada vagina.