Usia 24 Tahun, Apa Tinggi Badan Saya Masih Naik?

MP Info Penanya: MP, Pria
Selamat pagi Dok. Saya pria usia 24 tahun, apakah tinggi badan saya masih naik? Kemudian saya sering liat iklan di internet/sosmed susu/suplemen peninggi badan seperti hypergrow yg katanya bisa menambah tinggi badan meskipun sudah lewat masa puber. Apakah benar? Mohon jawabannya nya dok. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, MP.

Terimakasih atas pertanyaanya di SehatQ.

Pertumbuhan puncak tinggi badan anak laki-laki sangat erat kaitannya dengan masa pubertas. Proses pertumbuhan membutuhkan waktu 2-5 tahun, yang artinya selama masa tersebut tinggi badan masih bisa tumbuh pesat hingga tinggi maksimal. Waktu berhentinya tumbuh memang bervariasi tidak sama antara orang yang satu dengan lainnya.

Pertambahan tinggi badan juga ditentukan oleh keadaan lempeng epifisis tulang panjang. Pertambahan tinggi pada umumnya berhenti pada umur 25 tahun. Anda masih berusia 24 tahun jadi tinggi badan Anda masih bisa bertambah namun umumnya tidak signifikan.

Cara mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan Anda :

  • Olahraga secara teratur
  • Makan makanan bergizi dan seimbang
  • Hindari merokok dan minuman alkohol
  • Minum air putih minimal 8 gelas / hari
  • Cukup waktu untuk beristirahat dan tidur

Produk tersebut merupakan susu yang berfungsi untuk menambah tinggi badan secara alami. Namun belum ada penelitian lebih lanjut terkait suplemen tersebut. Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MP
04 Feb 2020, 20:25
Selamat malam, dok mata saya minus dulu pas di tes minus 2, mungkin sekarang lebih, dan saya gak mau pakai kaca mata, apa saja cara supaya mata minus saya sembuh? Mohon jawabannya. Terimakasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Membacakan dongeng anak dapat menstimulasi kreativitas Si Kecil

Membacakan Dongeng Anak Memberikan Banyak Manfaat untuk Si Kecil

Dongeng anak dapat memupuk imajinasi dan mengembangkan otak kanan anak. Berikut beberapa dongeng yang dapat dibacakan ke anak.