Usia 22 tahun, sudah 2 bulan haid sebulan 2 kali, bagaimana solusinya?

D Info Penanya: D, Wanita, 21 Tahun
Saya memang remaja usia 22 thn dok . Sudah 2 bulan saya haid sebulan 2 kali dok .. diawal haid seperti biasa 3 hr sdh kelar . Nah kena lagi pas akhr bulan tp diakhr bulan ini haid sprtinya deras skli smpe hr ke 4 pun msh deras dan mereda di hari ke 5 . Smua darah haid normal sprti biasanyaa . Dan prut skit pun sprti biasa haid . Bagaiamana tanggapan dokter ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Terima kasih untuk pertanyaannya.

Usia 22 tahun termasuk muda dan kemungkinan organ kandungannya memang belum matang. Terutama bila masih gadis dan belum memiliki anak. Perubahan siklus haid anda termasuk sering dialami oleh banyak wanita. Termasuk istri saya waktu masih muda dulu. Langkah awal anda perlu evaluasi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Kandungan. Terutama untuk pemeriksaan USG untuk melihat organ kandungan anda apakah ada gangguan. Kemudian perlu juga dilakukan pemeriksaan laboratorium darah salah satunya untuk melihat kadar hormon anda.

Tergantung dari penyebabnya, dokter akan memberi terapi. Bila tidak ada kelainan spesifik biasanya dokter akan meresepkan terapi hormon. Terapi hormon dengan menggunakan pil KB, lho kok pil KB dok? Iya karena pil KB kandungannya hormon. Ada yang dalam bentuk hormon tunggal atau hormon kombinasi. Setelah menggunakan pil KB selama beberapa siklus haid (bulan), hormon anda akan lebih teratur dan siklus menstruasi anda juga akan lebih stabil. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.