usia 19 tahun ingin menambah berat dan tinggi badan

P Info Penanya: P, Pria, 18 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Saya tahun ini sudah memasuki usia 19 tahun. Dan saya ingin menambah berat badan & tinggi badan.Karna berat badan saya sekarang 51 kg, dan tinggi badan 164 cm. Bagaimana caranya ya dok. Target BB saya sampe 65 kg, dan tinggi badan 172 cm. Apakah saya masih punya kesempatan untuk tumbuh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam P

Proses pertambahan tinggi badan terjadi dengan pemanjangan tulang khususnya tulang panjang pada bagian lempeng epifisial. Proses pemanjangan biasanya sudah terhenti pada rentang usia 18-20 tahun. Untuk menambah panjang badan dapat diupayakan beberapa aktifitas seperti bergantung, berenang dan konsumsi susu tinggi kalsium dan vitamin D. Namun upaya ini biasanya hanya memberi dampak yang sedikit pada usia >18 tahun.

Cara lain untuk menambah tinggi badan adalah dengan melakukan tindakan bedah limb lenghtening atau pemanjangan tungkai, biasanya akan dilakukan osteotomy pematahan tulang pada tulang paha atau tungkai bawah di ikuti pemasangan alat fiksasi eksterna yang bekerja secara perlahan memanjangkan tulang, upaya pembedahan signifikan menambah panjang hingga 5cm.

Untuk menambah berat badan dapat diupayakan dengan menambah massa otot, biasanya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein dan tinggi karbohidrat disertai aktivitas fisik angkat beban / fitnes. 

Untuk menambah massa otot saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter gizi klinik (Sp.GK) untuk pengaturan pola diet dan melakukan olahraga teratur.

Salam sehat

dr.Zulham 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Indeks massa tubuh yang kurang maupun yang lebih sama-sama berbahaya

Indeks Massa Tubuh Saja Tak Cukup untuk Perkirakan Risiko Penyakit

Indeks massa tubuh bisa digunakan untuk memperkirakan risiko penyakit yang terkait obesitas. Namun perlu perpaduan dengan cara pengukuran lain agar Anda bisa mendapatkan perkiraan kadar lemak tubuh yang lebih akurat guna memprediksi risiko penyakit.