Usia 18 tahun, batuk dahak bening, nyeri tenggorokan seperti tertusuk duri dan kalau bicara tidak serak.

RF Info Penanya: RF, Wanita, 18 Tahun
Halo dokter saya umur 18 tahun selama seminggu saya mengalami flu dan batuk berdahak, alhamdulillah flu nya sudah sembuh hanya tersisa batuk berdahak tapi di sertai dengan sakit tenggorokan seperti tertusuk duri dan ada dahak yang bening, tapi tubuh saya tidak panas dan demam, dan kalau berbicara tidak serak, mohon bantuannya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RF

Batuk disertai nyeri tenggorokan biasanya akibat peradangan di dinding tenggorokan. Bisa akibat lendir dari hidung yang masuk ke tenggorokan. Sehingga mengakibatkan batuk dan nyeri tenggorokan. Selain karena infeksi virus/bakteri bisa juga akibat paparan terhadap asap rokok, polusi udara, bahan kimia yang berbahaya melalui udara, udara kering, alergi, batuk, infeksi sinus, atau GERD. Bisa juga akibat berteriak/menjerit berlebihan, bicara dalam waktu, menelan zat berbahaya secara sengaja ataupun tidak.

Pencegahannya dengan menghindari rokok dan asapnya, mencuci tangan, menggunakan pembersih tangan, menghindari makanan berminyak dan gorengan. Banyak minum air putih serta istirahat yang cukup. Bila keluhan berlanjut sebaiknya periksa langsung dengan Dokter. Saya lampirkan artikel Memahami Penyebab Radang Tenggorokan Sekaligus Gejala dan Cara Mengatasinya untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat bunga teratai baik untuk berbagai gangguan kesehatan

Manfaat Bunga Teratai yang Tak Disangka-sangka

Bunga teratai banyak digunakan sebagai simbol dalam berbagai budaya. Tak hanya indah dipandang, tanaman ini juga berkhasiat untuk kesehatan. Mulai dari diare, gangguan haid, hingga masalah gusi.