Usia 18 bulan, mengalami radang paru-paru berat. Mohon penjelasannya?

PS Info Penanya: PS, Pria, 38 Tahun
Anak saya usianya 18 bulan, laki-laki, mengalami radang paru-paru berat karena rokok, sehingga dirawat inap & dipasang tabung oksigen
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, PSA

Penyebab dari radang paru-paru pada anak paling sering akibat infeksi dari virus atau bakteri. Gejala utamanya adalah batuk bisa kering atau berdahak. Bila disertai infeksi saluran napas atas maka bisa disertai pilek dan nyeri tenggorokok. Serta demam dan sesak napas pada kasus lebih berat. Bila demam sampai tinggi kemungkinan adalah pneumonia. Bila sesak napas disertai bunyi bisa karena asma atau bronkiolitis. Asap rokok paling sering mengakibatkan bronkitis yaitu radang saluran paru-paru, tapi kejadiannya lebih sering pada orang dewasa.

Selama rawat inap, anak anda akan dibantu dengan pemberian oksigen tambahan untuk mengurangi beban napasnya. Kemudian pemberian cairan serta obat melalui infus, termasuk antibiotika jika dirasakan perlu. Dokter juga akan melakukan evaluasi dengan pemeriksaan laboratorium dan rontgen.

Mengingat anak kecil lebih rentan dibandingkan orang dewasa, sehingga perlu monitoring dan evaluasi yang ketat agar keluhannya tidak semakin berat. Semoga anak anda lekas sembuh.

Pneumonia: Si Penyebab Radang Paru-Paru Pemicu Nanah Dalam Paru

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit pneumonia hanya bisa disembuhkan dengan obat yang diresepkan oleh dokter

Bisakah Obat-Obatan Herbal Jadi Pengobatan Pneumonia?

Penyakit pneumonia tidak bisa diatasi oleh obat-obatan herbal. Meski demikian, penggunaan obat herbal dapat meringankan gejala pneumonia. Pengobatan herbal gejala pneumonia seperti teh herbal, jahe dan kunyit.