Usia 18 bulan, belum tumbuh gigi. Apa penyebabnya?

TR Info Penanya: TR, Pria, 27 Tahun
Dok aku mau tanya...anakku udah umur 18 bulan...tapi belum tumbuh gigi sama sekali...itu kenapa ya...terus di kasih perangsang apa biar cepat tumbuh gigi...makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, TR.

Usia munculnya gigi pertama berkisar 4-15 bulan dan diikuti oleh gigi lain. Pada usia 19 bulan biasanya sudah timbul 12 gigi. Sehingga Anda perlu memeriksakan diri ke dokter gigi untuk memastikan apa penyebabnya. Jangan berikan suplemen atau perangsang apapun tanpa persetujuan dokter.

Penyebabnya bisa dari faktor keturunan, berat badan lahir rendah atau lahir prematur. Selain keterlambatan keluarnya gigi bisa juga disertai kelainan pada lapisan gigi. Atau sebagai tanda kelainan genetik lainnya. Jika dari hasil pemeriksaan tidak ada tanda kelainan genetik maka kemungkinan bukan suatu gangguan yang perlu dikhawatirkan namun memang pada usia dewasa bisa timbul masalah gigi lainnya.

Saya lampirkan artikel mengenai Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi Tidak Hanya Demam untuk persiapan Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat siwak untuk kesehatan gigi yang bisa Anda rasakan

5 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi Ini Ternyata Terbukti Secara Ilmiah

Dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi, manfaat siwak untuk kesehatan ternyata tidak cuma mitos. Selain membersihkan gigi, siwak adalah bahan alami yang memiliki kandungan antijamur dan antibakteri. Saat ini, siwak sering dijadikan bahan dasar pasta gigi modern.