Usia 17 tahun sering mimisan, mudah lelah dan telapak tangan berkeringat?

UA Info Penanya: UA
Dokter, putri sya 17 th mimisan sudah beberapa kali, ini kenapa ya ? Terus dia mengeluh sering capek akhir2 ini, dan telapak tangannya sejak lama berkeringat , terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, UA.

Bila terlalu sering mimisan bisa mengakibatkan anemia dengan gejala badan lemas, kulit pucat, berdebar-debar dan tangan berkeringat. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan laboratorium darah untuk memastikan apakah ada anemia, penurunan trombosit atau kelainan sel darah lainnya. Kemudian biasanya akan dikonsulkan ke Dokter Spesialis THT untuk memastikan apakah ada kelainan di hidung. 

Seringkali mimisan diakibatkan adanya kelainan anatomis di dalam hidung seperti ada gangguan di dinding septum (pemisah hidung kiri dan kanan). Namun bisa juga akibat ada gangguan pembekuan darah seperti pada penderita infeksi demam berdarah. Pastikan saat ini darah sudah berhenti, putri ibu banyak istirahat dan minum. 

Saya lampirkan artikel mengenai Segala Hal Tentang Mimisan yang Perlu Anda Ketahui untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Udara yang kering dapat menjadi penyebab anak mimisan saat tidur

Hati-hati, Inilah 4 Penyebab Mimisan saat Tidur pada Anak

Mimisan saat tidur merupakan kelainan yang dialami oleh anak berusia 3-10 tahun. Salah satu penyebab anak mimisan saat tidur adalah udara yang kering. Jika anak Anda mengalami mimisan saat tidur, cobalah membangunkan anak hingga mereka sepenuhnya sadar.