Usia 14 tahun, tinggi badan 152 cm dan bb 47 kg. Bolehkah saya diet?

IM Info Penanya: IM
Hallo dok saya intan umur saya 14 tahun....tinggi saya 152 cm dan bb saya 47 kg...bolehkah saya diet..Atau bagaimanakah diet untuk umur segitu...mohon jawabannya dok terima kasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IM

Pada usia Anda sebetulnya masih masa pertumbuhan sehingga Anda bisa bertambah tinggi. Sebaiknya Anda menyertakan juga olahraga berenang untuk menambah tinggi Anda. Sehingga tubuh Anda akan mencapai berat ideal secara alami. Untuk usia 14 tahun asupan nutrisi yang bergizi sangat penting. Kalori harus berasal dari biji-bijian, protein tanpa lemak, susu rendah lemak dan buah serta sayuran.

Setengahnya harus berisi sayur dan buah-buahan diutamakan yang segar dan mentah. Protein bebas lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, telur, kacang-kacangan atau daging rendah lemak. Biji-bijian seperti nasi, roti tawar atau havermut. Bisa juga menggunakan beras merah atau roti gandum. Sertakan juga susu sebagai sumber kalsium, bisa yang rendah atau tanpa lemak. 

Saya lampirkan artikel Daftar Makanan dan Minuman Pantangan untuk Diet Sehat. Anda juga dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik atau Dokter Spesialis Anak untuk penjelasan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya pisang, kenalilah makanan yang mengandung kalium lebih banyak ini!

13 Makanan yang Mengandung Kalium Lebih Banyak dari Pisang

Pisang dikenal sebagai makanan yang mengandung kalium terbanyak. Ternyata, masih banyak, lho, makanan yang mengandung kalium lebih banyak dari pisang. Kenali makanan yang mengandung kalium ini!