Usia 14 tahun, haid tidak beraturan sejak bulan Juni belum haid, bagaimana solusinya?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertnaya saya baru menginjkak umur 14 tahunTapi saya haid nya tidak beraturan sejak bulan juni smpe september sya blom haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mengingat usia anda masih 14 tahun, kemungkinan besar organ kandungannya memang belum matang sehingga haid juga belum teratur. Haid bisa sampai 3 siklus tidak muncul masih bisa dianggap normal. Bila sudah lebih dari 84 hari ada baiknya konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Misalnya pemeriksaan darah untuk memeriksa kadar hormon dan pemeriksaan USG untuk melihat kondisi organ kandungan anda.

Sementara itu harus menjaga pola hidup yang sehat ya. Tidur jangan terlalu malam, makan juga yang teratur dan sehat. Lalu mengurangi stres dengan mencari kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Kalau hobi olahraga jangan terlalu berlebihan, berat badan juga harus stabil tidak boleh kegemukan atau terlalu kurus. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Test pack dapat mengetahui apakah penyebab terlambat menstruasi adalah kehamilan atau bukan

Tak Hamil, tapi Terlambat Menstruasi? 7 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Terlambat menstruasi adalah masa menstruasi yang tidak datang lebih dari 35 hari. Umumnya ini adalah pertanda kehamilan jika Anda melakukan hubungan seksual sebelumnya.