18 Sep 2020, 21:30Kandungan

Kenapa tes pack negatif?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 50 Tahun
Dok klo di tespek negatif tp di usg ada janin dan kista itu gimana ya hamil/tdk.soalnya tespek negatif yg mana yg benar usg/tespac.
1030 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang SU,Tes pack adalah pemeriksaan sederhana menggunakan urin pagi untuk mendeteksi apakah ada kehamilan atau tidak. Karena pemeriksaan ini sederhana maka seringkali terjadi kesalahan dalam melakukan atau saat membacanya.

Perihal tes pack yang negatif namun USG dikatakan hamil bisa saja terjadi karena:

  • Tes pack dilakukan terlalu cepat. Idealnya tes pack dilakukan paling cepat kalau sudah 1 minggu terlambat haid. Pemeriksaan yang terlalu cepat akan memberikan hasil negatif karena hormon kehamilan masih sedikit sehingga belum terdeteksi pada alat tes packnya.
  • Tidak menggunakan urin pagi.
  • Pembacaan tes pack dilakukan terlalu lama.
Antara tes pack dan USG manakah yang lebih akurat? Jelas USG lebih akurat karena langsung melihat kondisi rahimnya selama USG dilakukan oleh dokter kandungan yang memang ahli di bidangnya. Bila Anda tidak yakin, maka lakukan tes kehamilan di laboratorium yang menggunakan sample darah bukan urin untuk lebih pastinya.Jaga kehamilan Anda dengan rutin mengonsumsi asam folat dan omega 3 serta banyak makan protein seperti daging sapi, ayam, ikan, serta cukup istirahat dan tidak stres.Salam sehat,dr. Vina 
kehamilankistatest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil