Usg 4 minggu yang terlihat kantung janin apakah besar kemungkinan saya memang hamil?

RY Info Penanya: RY, Wanita, 26 Tahun
Dok usia kandungan saya 4 minggu yang terlihat baru kantong janin saja tapi gejala kehamilan sudah saya rasakan sejak saya telat menstruasi , perut saya juga sudah mulai kedutan , 2 minggu lagi saya di sarankan untuk cek up.. jika tidak ada janin yang terlihat saya di sarankan untuk melakukan Kuret... Apakah prosedur nya seperti ini Dok ????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RY,

Kehamilan trimester pertama adalah masa kehamilan paling penting dimana proses pembentukan janin dan organ-organ tubuh terbentuk di periode ini. Tahap perkembangan janin sendiri pada minggu ke empat adalah tahap implantasi atau masa menempelnya sel telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim.

Tidak jarang bisa menimbulkan gejala seperti flek darah. Pada minggu keempat juga akan menjadi embrio. Pada minggu kelima mulai perkembangan embrio lebih lanjut.

Jadi jika lebih dari 5 minggu hanya terlihat kantung janin maka perlu diwaspadai karena bisa menjadi hamil kosong ataupun janin yang tidak berkembang.

Deteksi dini gejala dan tanda hamil kosong

Perhatikan juga ada tidaknya keluhan hamil kosong seperti:

  • Hilangnya mual dan muntah
  • Kram perut hebat
  • Badan terasa lebih enak
  • Nyeri payudara tidak terasa lagi

Jika terjadi hamil kosong maka diperlukan penanganan lebih lanjut seperti salah satunya kuretase.

Jika merasa ragu dengan hasil pemeriksaan tersebut, ada baiknya bisa memeriksakan kembali dalam 2 minggu pada dokter spesialis kandungan lain untuk meminta opini kedua mengenai kondisi kehamilan Anda untuk langkah selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Porsi makan untuk ibu hamil perlu diperhatikan untuk menjaga kelancaran proses kehamilan

Jangan Sembarangan, Ini Panduan Porsi Makan Saat Hamil

Saat hamil, bukan berarti Anda harus makan 2 kali lipat lebih banyak dari seharusnya. Kenali porsi makan untuk ibu hamil yang tepat berikut ini.