20 Jun 2020, 01:46Kulit & Kelamin

Bagaimana cara mengatasi urtikaria?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
malam dok, seperti biasa tiap malam sy gatal2. dulu sempat alergi kepiting. mulai smp sdh gapernah gatal2 dan makan kepiting sdh biasa sj. namun, tahun lalu saat mulai SBMPTN kembali kambuh. sy cek ke dokter kulit dan dokter bilang ini karena sy stress. sy dikasih obat xyzal utk malam dan utk paginya sy lupa. xyzal sy konsumsi sampai saat ini kalau sy kambuh. sy bingung krn tdk jelas ini alergi apa. saya lelah dok selalu diganggu gatal2 ini. kira2 sy harus bgmn? saya juga alergi paracetamol.
12032 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang SU,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Urtikaria atau biduran merupakan kondisi kulit yang ruam dan menonjol serta gatal (bentol). Gejala yang sering muncul pada biduran atau urtikaria luka berwarna merah atau putih pada wajah, badan, lengan atau kaki, bekas luka berbagai ukuran dan bentuk, rasa gatal dikulit.Urtikaria biasanya di sebabkan oleh alergi makanan, suhu udara, penyakit tertentu seperti limfoma, penyakit tiroid, hepatitis  maupun HIV, keringat yang berlebihan, alergi serangga atau debu tertentu, stress.

Untuk mencegahnya Anda bisa lakukan :

  • Kompres dingin
  • Hindari kondisi yang dapat mengiritasi kulit
  • Gunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat
  • Hindari menggaruk atau menggunakan sabun yang keras
Jika urtikaria tidak menghilang selama 48 jam, mengganggu aktivitas sehari-hari, disertai demam sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
gatalurtikariabiduran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil