Tentang benjolan di bibir vagina dan anyang-anyangan

JV Info Penanya: JV, Wanita, 1 Tahun
halo Selamat page dok kaal saya boleh tanya mengapa di sekitaran bibir vagina saya muncul awlanya seperti jerawat kecil tetapi skerang tidak perih atau gatal lagi dan mulai mengempes juga , tetapi baru tadi malam saya merasakan susat bang air kesil atau yang biata disebut dengen anyang anyngan , mengatasinya kira kira gimana ya dok dan saya juga tidak berhubungan seks di bulan bulan atau minggu minggu yang kemaren.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JV.

Benjolan kecil pada bibir vagina tentu tidak nyaman dirasakan. Benjolan bisa terasa gatal dan nyeri, terutama saat tergesek dengan pakaian yang ketat. Penyebab benjolan pada vagina bervariasi, di antaranya folikulitis (radang akar bulu kemaluan), infeksi virus herpes, moluskum kontagiosum, ataupun penyebab lainnya.

Lalu, terkait keluhan Anda yang lainnya tentang berkemih, perlu diketahui buang air kecil adalah proses alami yang dilakukan tubuh, yang seharusnya terjadi tanpa keluhan. Anyang-anyangan adalah rasa tidak tuntas saat berkemih. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, atau hal lainnya seperti misalnya terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini di rumah:

  • Kurangi konsumsi kafein dan minuman bersoda, cukupi kebutuhan air putih per harinya
  • Menjaga kebersihan alat kelamin dengan baik
  • Mengelap alat kelamin setelah cebok, baru memakai celana
  • Rajin mengganti pembalut saat haid
  • Hati-hati saat mencukur rambut kemaluan

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin terkait benjolan di bibir vagina dan dokter spesialis urologi terkait anyang-anyangan. Dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan terkait kondisi Anda, dan memberikan saran yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing sakit bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran kemih maupun penyakit lainnya

Kencing Sakit Belum Tentu Akibat Infeksi Saluran Kemih

Selain infeksi saluran kemih, keluhan kencing sakit juga bisa disebabkan oleh masalah di organ-organ lain, seperti kandung kemih dan prostat. Jika mengalami sakit saat buang air kecil, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter penyebabnya supaya lekas diketahui dan ditangani sebelum bertambah parah.